Jumat, 19 Januari 2018 -

 

 

Bupati Badung Bangkitkan Kejayaan Silat Bakti Negara

Hiburan  -  Kamis, 01 Desember 2016, 12:15 WIB
Penulis.

Silat Bakti Negara

MANGUPURA, Bupati Badung, Provinsi Bali, I Nyoman Giri Prasta ingin membangkitkan kejayaan pencak silat Bhakti Negara setelah terpilih dan menerima surat keputusan menjadi Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah PSPS Bhakti Negara Periode 2016-2021.

"Kejayaan Bhakti Negara harus kita kembalikan dengan cara memberikan motivasi kepada generasi muda untuk mau menjadi atlet-atlet berbakat di bidang persilatan," ujar Giri Prasta dalam siaran persnya di Mangupura, Kamis (1/12).

Salah satu upaya untuk membangkitkan keinginan generasi muda menjadi atlet silat dengan menggerakkan sosialisasi mulai tingkat Sekolah dasar (SD), kepengurusan ranting di masing-masing desa dan banjar.

Menurut Giri Prasta, pelaksanaan seni pencak silat khususnya bakti negara ini juga akan digerakkan melalui senam lantai untuk menghasilkan kelenturan.

"Ke depan betul-betul kami akan bina, sehingga mampu menunjukkan prestasi baik di tingkat kabupaten, provinsi, nasional bahkan tingkat dunia," katanya.

Prestasi yang diraih oleh Bakti Negara selama ini tidak terlepas dari peranan para dewan pendekar, para penglisir yang telah wariskan Perguruan Bakti Negara selama ini.

Sebagai generasi muda dan penerus wajib hukumnya kami harus melakukan hal-hal yang sama untuk meraih apa yang pernah diraih untuk menjadi juara dunia dan mempertahankan nama bakti negara di kancah dunia.

"Inilah tanggung jawab sepenuhnya Giri Prasta selaku Pimpinan Bakti Negara Bali," katanya.

Selama dirinya memimpin DPD PSPS Bhakti Negara, Giri Prasta akan memfokuskan seni bela diri ini wajib berbakti pada negara, loyalitas kepada perguruan dan tidak boleh keluar dari apa yang menjadi keputusan perguruan itu.

Sementara itu Ketua Lembaga Dewan Pendekar Pusat PSPS Bakti Negara I Bagus Alit Dira mengatakan sebelumnya Giri Prasta sudah dilantik keluarga besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Bali di Pusat Wiyata Mandala, Desa Batumakaem, Ubung Kaja, Denpasar Utara, melalui prosesi ritual mejaya-jaya.

"Ini merupakan langkah spiritual bagi pengurus yang baru," kata I Bagus Alit Dira.

Ia mengharapkan, kepada pengurus baru agar mengikuti jejak pengurus yang terdahulu agar dilanjutkan oleh pengurus sekarang.

"Tugas pengurus baru sama dengan tugas pengurus yang lama yaitu mewujudkan Perguruan ini tetap kokoh (ajeg), juga prestasi dapat tetap dipertahankan dan yang tidak kalah pentingnya kekeluargaan agar tetap berjalan," kataya.

Alit Dira mengatakan, prestasi yang diraih Perguruan bakti Negara saat PON dengan meraih 2 emas. "Syukur tradisi dari PON ke-8 hingga PON terakhir ini kita tetap berhasil membawa medali emas," katanya.[]

Sumber: Antara


Silat

 

 

Baca Juga