Minggu, 21 Januari 2018 -

 

 

Indosat Upayakan Penjaminan Kelancaran Berkomunikasi Selama Libur Akhir Tahun

Hiburan  -  Jumat, 23 Desember 2016, 13:25 WIB
Penulis.

ilustrasi

Jakarta, Telekomunikasi saat ini seolah sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat, baik untuk sarana berbicara maupun penggunaan data sehingga apabila mengalami gangguan maka pengguna akan terganggu pula.

Operator telekomunikasi tampaknya menyadari betul bahwa gangguan telekomunikasi, apalagi saat puncak penggunaan seperti selama libur panjang seperti Lebaran, Natal, dan tahun baru, akan mengecewakan pelanggan sehingga berbagai upaya kelancaran komunikasi terus diupayakan.

Operator telekomunikasi Indosat Ooredoo pun berupaya meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan telekomunikasi saat liburan akhir tahun Natal dan Tahun Baru 2017.

Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Deva Rachman, mengatakan meningkatnya aktivitas masyarakat dalam merayakan dan mengisi liburan akhir tahun ini tidak terkecuali juga diikuti dengan meningkatnya aktivitas komunikasi seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

Mengantisipasi hal ini, perusahaan menjamin pelanggannya tetap dapat berkomunikasi dengan lancar dan nyaman walaupun diperkirakan akan terjadi lonjakan lalu lintas telekomunikasi.

Perusahaan telah menyiapkan jaringannya untuk mengantisipasi kenaikan lalu lintas telekomunikasi yang diprediksi akan terjadi saat libur akhir tahun ini, dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringannya. Perusahaan juga telah meningkatkan semua kapasitas layanan yang meliputi suara, SMS dan data.

Kapasitas suara ditingkatkan menjadi 2,244 Juta menit per hari (37,4 juta Erlang per hari), kapasitas layanan SMS ditingkatkan menjadi 1,892 miliar SMS per hari, dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 6,890 Terabyte per hari.

Semua peningkatakan kapasitas tersebut telah memperhitungkan lonjakan lalu lintas telekomunikasi berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, sehingga tetap dapat melayani 81,6 juta pelanggan Indosat yang didukung dengan total 54.212 BTS secara nasional.

"Kami ingin memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam kondisi apapun. Oleh karena itu kami telah meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan khusus untuk libur akhir tahun ini dengan kapasitas yang melebihi lalu lintas reguler agar masyarakat dan pelanggan tetap dapat berkomunikasi dengan baik," kata Deva Rachman, Dalam rangka memastikan jaringan yang disiapkan dapat melayani pelanggan dengan optimal, Indosat Ooredoo terus memonitor jaringan secara intensif melalui i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center), fasilitas monitoring dan pengendalian jaringan secara terpadu baik untuk layanan seluler (mobile) maupun layanan Enterprise Corporate (Fixed MIDI), Indosat Ooredoo Business, termasuk yang disediakan oleh anak perusahaan Indosat seperti Lintasarta dan IM2.

I-NOC juga berperan untuk meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi bagi seluruh perangkat jaringan Indosat Ooredoo secara nasional.

Selain itu pemantauan kualitas layanan juga dilakukan melalui Digital Engagement Center (DEC), yang khusus memonitor percakapan pelanggan di media sosial, sehingga keluhan yang disampaikan pelanggan melalui percakapan media sosial dapat ditangkap dan ditindaklanjuti secara terpadu dengan fungsi i-NOC.

Identifikasi keramaian Demikian pula dengan operator telekomunikasi Telkomsel memastikan kesiapan layanan menjelang Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, mengatakan sekurangnya sebanyak 723 menara radio pemancar (BTS) baru disiapkan untuk mengatasi lonjakan trafik komunikasi khususnya layanan data, menjelang Natal dan Tahun Baru 2017, sehingga masyarakat dapat menikmati layanan telekomunikasi berkualitas.

Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru 2017, Telkomsel memprediksi layanan data akan mencapai trafik tertinggi hingga 4,10 PB (Petabyte) atau naik lebih dari 118 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Lonjakan itu seiring semakin meningkatnya penggunaan layanan data oleh pelanggan untuk video & music streaming, games online, media sosial, chatting dan penggunaan berbagai aplikasi. Sementara itu, layanan suara diperkirakan menjadi 1,52 miliar menit dan SMS diperkirakan menjadi 892 juta SMS per hari.

Untuk itu perusahaan meningkatkan kapasitas untuk internet service menjadi 837 Gbps atau naik sekitar 78 persen dari tahun 2015. Dalam hal kemampuan penanganan pelanggan VLR (Visitor Location Register) ditingkatkan sebesar 241 juta pelanggan (naik 0,8 persen dari tahun 2015). Kapasitas HLR (Home Location Register) sebesar 313 juta pelangan.

Sementara kapasitas OCS (Online Charging System) sebesar 177 juta diharapkan akan memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses layanan data.

Telah tergelarnya jaringan Telkomsel 4G LTE di lebih dari 180 kota di seluruh Indonesia, khususnya di lokasi-lokasi strategis, yang didukung oleh sekitar 5.200 BTS 4G diharapkan dapat memberikan pelanggan pengalaman mobile broadband terbaik dari Telkomsel.

Bahkan lebih dari itu, menyambut Natal dan Tahun Baru 2017, perusahaan juga telah mengimplementasikan teknologi 4,5G di sembilan kota di Indonesia seperti di Grapari Medan, Jakarta, Bandung, Denpasar, Mataram, Pontianak, Makassar, Manado, dan Ambon.

Perusahaan telah melakukan identifikasi terhadap 687 titik keramaian utama yang diprediksi akan dipadati oleh pelanggan, seperti bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, tempat wisata, mal dan pusat perbelanjaan, serta rumah ibadah. Di lokasi-lokasi tersebut diprediksi akan terjadi rata-rata peningkatan trafik layanan data sebesar 47 persen bila dibandingkan dengan trafik di hari normal di tahun 2016.

Di lokasi-lokasi strategis yang memerlukan peningkatan kapasitas dan kualitas, Telkomsel juga mengerahkan 91 Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk menjaga agar jaringan tetap prima.

Dari sisi layanan perusahaan juga menyiagakan 487 amada Mobile GraPARI, menjamin ketersediaan produk melalui 2.668 modern channel siaga dan 3.779 outlet siaga, serta didukung pula oleh 85 GraPARI Siaga dan Call Centre yang siap melayani tanpa kenal hari libur.

Untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam melakukan pembelian pulsa, saat ini pelanggan dapat melakukan transaksi pembelian di berapa "online channel" yang bekerjasama dengan Telkomsel, diantaranya Blanja.com, Tokopedia, Kaskus, AlfaOnline, Gojek, Grab, Lazada.

Untuk memastikan kesiapan jaringannya, perusahaan juga telah melakukan uji jaringan di beberapa area maupun jalur utama yang diprediksi menjadi pusat keramaian, seperti tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Fokus uji jaringan dilakukan ke layanan data, yang saat ini penggunaannya terus mengalami peningkatan dari tahun dan ke tahun.[]

Sumber: Antara

LiburanAkhir TahunIndosat

 

 

Baca Juga