Jumat, 19 Januari 2018 -

 

 

Angka Pernikahan Dini Di Gunung Kidul Turun

Hiburan  -  Senin, 26 Desember 2016, 11:41 WIB
Penulis. Wahyuddin Yusuf

(Foto: Poskota News)

GUNUNG KIDUL, Angka pernikahan dini di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus menurun berkat komitmen pemerintah setempat menekan dengan deklarasi antipernikahan dini di sejumlah kecamatan.


Manajer Divisi Advokasi dan Pengorganisasian Masyarakat Rifka Annisa M Thontowi di Gunung Kidul, Senin, mengatakan dari data Pengadilan Agama Wonosari, hingga akhir Desember 2016, jumlah pengajuan disepensasi nikah ada 74 kasus.

"Angka ini menunjukan penurunan jika dibandingan dengan jumlah kasus 2015 warga yang mengajukan dispensasi mencapai 109 orang," kata Thontowi, Senin (26/12).

Menurut dia, upaya dengan deklarasi antipernikahan dini sebagai salah satu faktor pendukung upaya pencegahan pernikahan dini. Ada pun beberapa kecamatan yang sudah melakukan deklarasi, yakni Gedangsari, Patuk, Saptosari, Wonosari, Purwosari, Nglipar, dan Panggang.

"Untuk Gedangsari yang partama kali sekitar 2014," katanya.

Selain deklarasi, lanjut Thontowi, juga dilakukan sosialiasasi terhadap masyarakat terkait pencegahan pernikahan. Sosialisai kesehatan reproduksi penting dilakukan agar mengetahui efek dari pernikahan belum cukup umur.

"Pernikahan dini sebaiknya ditunda terlebih dahulu karena dari sisi usia maupun mental juga material belum siap," katanya.[]

Sumber: Antara.com


Gunung Kidul Rifka Annisa M Thontowi

 

 

Baca Juga