Selasa, 24 April 2018 -

 

 

Angka Kunjungan Wisatawan Ke Puncak Menurun

Hiburan  -  Rabu, 04 Januari 2017, 14:05 WIB
Penulis. Wahyuddin Yusuf

Pengunjung Taman Safari Puncak Bogor (Foto: Harga Tiket Masuk Tempat Wisata)

CIANJUR, Tingginya curah hujan dan macet parah di Jalur Ciawi hingga Puncak-Cipanas, Cianjur, Jabar, membuat angka kunjungan wisatawan ke sejumlah tempat wisata alam di kawasan Puncak-Cipanas, menurun 20 persen dibandingkan tahun lalu.

Kepala UPTD Kawasan Wisata Cibodas Teddy Setiadi pada wartawan, Rabu, mencatat jumlah wisatawan yang berkunjung selama liburan tahun baru tidak mencapai target bahkan mengalami penurunan. Hal tersebut disebabkan intensitas hujan yang cukup tinggi setiap harinya, ditambah padatnya arus lalulintas di jalur Puncak-Bogor.

"Faktor utamanya kemacetan di Jalur Puncak-Bogor, yang sampai belasan kilometer, sehingga wisatawan mengurungkan niatnya untuk berkunjung ke kawasan Puncak tepatnya ke Kebun Raya Cibodas, mereka memilih menghabiskan libur di kawasan Bogor," katanya, Rabu 94/1).

Meskipun hingga saat ini, angka kunjungan masih tetap tinggi, dimana didominasi wisatawan yang datang mengunakan bus atau sepeda motor, namun jumlahnya menurun dibandingkan tahun sebelumnya, dimana angka kunjungan mencapai puluhan ribu pengunjung sepanjang awal tahun.

Sementara sejumlah pengunjung di Kebun Raya Cibodas, mengungkapkan, mereka memilih hari biasa untuk menghabiskan waktu libur di kawasan Puncak karena tidak terjadi antrean panjang kendaraan. Mereka banyak berkumpul di sejumlah titik di dalam taman berhawa pegunungan tersebut seperti di depan Taman Sakura dan Rumah Kaca.

"Cibodas tetap menjadi tempat wisata favorit bagi kami warga Jakarta. Selain nuansa alam yang disuguhkan udaranya masih sama sejak kami kecil hingga kami punya anak. Taman sakura dan rumah kaca menjadi favorit keluarga kami kalau berkunjung ke Cibodas," kata Iman Sulaiman (35) warga Jakarta Selatan.

Menurunnya angka kunjungan dibenarkan pengelola tempat wisata di Kota Bunga dan Taman Bunga Nusantara, meskipun hanya beberapa persen terjadi penurunan, namun ungkap mereka angka kunjungan tetap tinggi dibandingkan libur panjang sekolah tahun lalu.[]


Sumber: Antara



Cianjur Tedi S

 

 

Baca Juga