Rabu, 22 November 2017 -

 

 

Indonesia Tandingkan 40 Cabang di Asian Games 2018

Olahraga  -  Jumat, 22 September 2017, 11:41 WIB
Penulis. Afip

Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin rapat persiapan Asian Games 2018 yang juga dihadiri oleh sejumlah menteri, di kantor Sekretariat Komite Penyelenggara Asian Games (INASGOC) Jakarta, Sabtu (25/3/2017). [Suara.com/Kurniawan Mas'ud]

TURKMENISTAN, Indonesia akan mempertandingkan 40 cabang olahraga dalam gelaran Asian Games tahun depan di Jakarta dan Palembang setelah kesepakatan dicapai antara Dewan Olimpiade Asia (OCA), kata kepala komite gelaran itu kepada AFP.

Dengan waktu kurang dari setahun sebelum Asian Games dimulai, program finalnya masih diperdebatkan sebelum kesepakatan dicapai dalam rapat di sela-sela Pesta Olahraga Indoor dan Beladiri Asia, yang saat ini digelar di ibu kota Turkmenistan, Ashgabat.

Di bawah kesepakatan tersebut, Asian Games - lebih besar dibandingkan Olimpiade jika dihitung berdasarkan cabang olahraga dan pertandingan - akan mempertandingkan 40 cabang olahraga dan 462 medali emas untuk diperebutkan.

Jumlah tersebut lebih kecil dibandingkan 42 cabang yang diumumkan OCA pada Maret, namun lebih banyak satu cabang dibandingkan 39 yang diajukan sebelumnya oleh komite Asian Games Indonesia (INASGOC).

"Sebelumnya, kami sudah menyepakati 39 cabang tapi kebijakan yang harus kami ikuti adalah kebijakan Olimpiade Jepang 2020, jadi itulah alasan mengapa ada tambahan satu cabang," kata sekretaris jenderal INASGOC Eris Herryanto, setelah Indonesia mengungkap rencana final mereka dalam rapat umum OCA pada Rabu.

"Kami didukung oleh Kementerian Pekerjaan Umum, dan mereka akan membangun semua infrastruktur," kata Herryanto kepada AFP.

"Beberapa infrastruktur sudah jadi tapi sebagian besar akan selesai dibangun sebelum akhir tahun ini jadi kami yakin semua gedung olahraga sudah akan siap semua untuk tahun depan." 

“Saya pikir semua paham bahwa ini adalah tanggung jawab yang besar tetapi sudah lebih dari 50 tahun sejak kami mengadakan Asian Games jadi kami sangat bersemangat dan tidak sabar lagi,” tambahnya.
Rencana finalnya termasuk 33 cabang olahraga yang akan diikutkan di Olimpiade Tokyo 2020, juga cabang lain yang popular di Asia seperti cabang beladiri tambahan, sepak takraw, kabaddi, jet ski, paragliding dan permainan kartu.

Indonesia hanya memiliki sedikit waktu untuk persiapan setelah setuju menjadi tuan rumah pada 2014 lalu ketika calon tuan rumah sebelumnya mengundurkan diri karena alasan biaya.

Indonesia terakhir menjadi tuan rumah Asian Games adalah pada 1962, ketika pesertanya hanya  1.500 atlet dan hanya ada 13 cabang olahraga, yang membuat ajang olahraga itu akan mnjadi yang terbesar yang pernah diadakan Indonesia.

Rangkaian acara percobaan yang dicanangkan pada akhir tahun ini diundur ke Februari 2018.

Tetapi delegasi Indonesia meyakinkan peserta rapat itu saat presentasi bahwa semua lokasi dan infrastruktur akan siap sebelum Asian Games dimulai, AFP.[]

Sumber: Antara


Asian Games OCA AFP INASGOC

 

 

Baca Juga