Senin, 11 Desember 2017 -

 

 

KPU Temanggung Kembalikan Berkas Partasi NasDem

Nasional  -  Jumat, 13 Oktober 2017, 14:39 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

kata Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Temanggung, Yami Blumut (Foto: c1.staticflickr.com)

SOKSINEWS.COM, Anggota Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Yami Blumut mengatakan, pihaknya mengembalikan berkas pendaftaran peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang diantarkan oleh partai Nasional Demokrat (NasDem).

“Ya, kita belum berikan tanda terima pendaftaran karena belum sesuai dengan beberapa data anggota di sipol dengan data yang dibawa ke KPU” kata Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Temanggung, Yami Blumut  kepada Wartawan di Temanggung, Jumat (13/10).

Ia menyebutkan jumlah data di sipol menyebutkan 1.097 anggota, tetapi daftar anggota yang dikirimkan ke KPU sebanyak 1.051 orang, sedangkan jumlah kartu tanda anggota (KTA) parpol baru 863 orang dan KTP baru 825 orang.

"Jadi sampai saat ini Partai Nasdem belum memenuhi ketentuan sesuai peraturan perundangan maka kami kembalikan untuk diperbaiki dan selanjutnya diberikan kesempatan nanti menyerahkan kembali sampai tanggal 16 Oktober 2017," katanya.

Sesuai dengan PKPU nomor 11/2017, katanya parpol harus menyerahkan rekap anggota ke sipol berupa soft copy, sedangkan hard copy diserahkan ke KPU.

"Data tersebut harus sama jumlahnya dilampiri KTA dan KTP dengan jumlah yang sama juga. Jumlah anggota yang diserahkan Partai Nasdem tersebut sudah melebihi ketentuan minimal untuk Kabupaten Temanggung sebanyak 769 anggota," katanya.

Menurut dia sampai hari dari data anggota yang terpantau di sipol sebagian besar sudah melebihi batas minimal, termasuk partai yang baru. Memang ada yang belum kelihatan sama sekali, tetapi karena sekarang masih proses pendaftaran, maka masih berpeluang data berubah.

Ketua DPD Partai Nasdem Temanggung Muh Sayid mengatakan, pihanya menyerahkan daftar anggota sebanyak 1.051 orang dari batas minimal 769 orang.

Ia menuturkan ketidaksesuaian jumlah daftar anggota itu karena ada data sudah diinput tapi belum muncul di update sipol. Selisih data sejumlah 48 itu terdapat di Kecamatan Gemawang.

"Memang masih ada ketidaksesuaian antara hard copy dengn sipol, kami tunggu setelah DPP secara resmi juga mendqaftar ke KPU pusat, berapa sebenarnya data untuk Temanggung nanti kami sesuaikan," katanya.[]

 

KPUTemanggungNasDemSipol

 

 

Baca Juga