Minggu, 17 Desember 2017 -

 

 

Ternate Terpilih Sebagai Kota Layak Pemuda 2017 dari Kemenpora

Nasional  -  Senin, 23 Oktober 2017, 12:04 WIB
Penulis. Fegi Eras Budianto

Foto: http://rri.co.id

SOKSINEWS.COM, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memilih 20 kabupaten/kota, salah satunya Kota Ternate, Maluku Utara sebagai Kota Layak Pemuda, setelah menyeleksi 514 kabupaten/kota di Indonesia untuk mendapatkan predikat itu.

"Dari 20 kabupaten/kota tersebut, akan diseleksi lagi untuk mendapatkan Kabupaten/Kota Layak Pemuda kategori utama, madya, dan pratama yang sertifikatnya akan diserahkan Menpora Imam Nahrawi pada peringatan Sumpah Pemuda nanti,"kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ternate Sukarjan Hirto, di Ternate, Senin (23/10).

Tim dari Kemenpora akhir pekan lalu berkunjung ke Ternate untuk melakukan penilaian dan verifikasi terhadap berbagai komponen yang menjadi kreteria disyaratkan dalam penentuan kategori utama, madya, dan pratama.

Sukarjan optimisitis Ternate akan terpilih menjadi Kota Layak Pemuda kategori utama, karena semua kriteria yang menjadi syarat untuk mendapatkan kategori itu, sudah dilaksanakan dan sebagian sudah diprogramkan

Kriteria pembinaan dan pemberdayaan pemuda sudah lama dilaksanakan Pemkot Ternate, di antaranya dalam bentuk program pengembangan kewirausahan pemuda kampung dan program pembinaan organisasi kepemudaan.

Sedangkan yang sudah diprogramkan, menurut Sukarjan, di antaranya penyiapan regulasi mengenai kepemudaan dalam bentuk peraturan wali kota yang di dalamnya mengatur hak dan kewajiban pemuda serta pembangunan gedung kepemudaan yang akan direalisasikan pada tahun anggaran 2018.

Bila nanti Ternate berhasil terpilih menjadi Kota Layak Pemuda kategori utama, akan memberi ruang yang lebih luas bagi Pemkot Ternate dalam upaya melakukan pembinaan dan pemberdayaan terhadap pemuda, selain itu porsi anggaran untuk kepemudaan dalam APBD akan semakin besar.

"Kami mengimbau seluruh komponen pemuda di Kota Ternate untuk menyikapi terpilih Ternate sebagai Kota Layak Pemuda dengan melakukan hal-hal yang positif dan produktif, baik bagi kepentingan pemuda sendiri maupun daerah, seperti memerangi penyalahgunaan narkoba dan minuman keras," katanya menambahkan.[]

Sumber: Antara

KemenporaKota Layak PemudaTernateMaluku Utara

 

 

Baca Juga