Rabu, 12 Desember 2018 -

 

 

Pelajar Indonesia di Italia Peringati Sumpah Pemuda

Internasional  -  Senin, 30 Oktober 2017, 16:09 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi (Foto: tmpo.co)

SOKSINWES.COM, Para pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) dari berbagai kota di Italia seperti Roma, Milan, Bologna, Rimini memperingati Sumpah Pemuda di KBRI Roma dalam tatap muka dan konferensi jarak jauh.

“Dalam acara peringatan Sumpah Pemuda itu juga digelar Sarasehan yang diikuti oleh anggota PPI di Bolzano ujung utara Italia, Milan dan Padova utara Italia, Firenze di tengah Italia hingga Calabria ujung selatan Italia melalui video conference”, kata Counsellor Pensoabud KBRI Roma, Charles F. Hutapea, dilansir dari kantor berita antara, Senin (30/10).

Dalam Sarasehan pada 28 Oktober 2017 itu Ketua PPI Italia, Ahmad Bashofi yang kini tengah melanjutkan pendidikan S3 di Politecnico Milano memaparkan program kerja PPI Italia di hadapan Dubes RI untuk Italia beserta jajaran staf KBRI dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan KBRI Roma.

Dubes Esti Andayani berpesan kepada pemuda Indonesia di Italia agar selalu memelihara kerja sama, kerukunan dan saling membantu satu dengan lainnya.

Selain itu para pelajar di Italia juga diharapkan dapat mengutamakan tugas utama yaitu memperluas wawasan dan pengetahuan yang dapat digunakan bagi pembangunan bangsa di masa mendatang.

Sebagai warga Indonesia, PPI berperan penting menjadi duta bangsa di tempat belajar dan mitra pemerintah dalam mempromosikan Indonesia di negara lain khususnya Italia.

Ketua PPI Roma, Vivaldi Liman, mengemukakan kegembiraannya dapat berkumpul dengan amggota PPI dari berbagai daerah di Italia, sekalipun melalui video conference.

Kegiatan tatap muka dengan seluruh anggota PPI tidak mudah untuk dilaksanakan mengingat adanya jarak dan kesibukan masing-masing.

Untuk itu, inisiatif penggunaan teknologi video conference yang difasilitasi KBRI Roma sangat kami apresiasi. Kesempatan ini menjadikan kami lebih dapat memaknai peringatan Hari Sumpah Pemuda secara kekinian", sambung remaja yang tengah menyelesaikan pendidikan S1 di Roma tersebut.

Sementara itu Bertho, mahasiswa pascasarjana di Padova mengikuti sarasehan melalui video conference menyampaikan apresiasi atas kerja sama dari KBRI Roma selama ini, utamanya dalam penanganan beberapa peristiwa perlindungan mahasiswa Indonesia di Italia.

Pada akhir acara, berbagai penganan khas Indonesia turut disajikan. Sulitnya memperoleh masakan Indonesia dalam keseharian bagi pelajar Indonesia di perantauan, menjadikan peringatan Sumpah Pemuda di Italia siang itu semakin istimewa karena mereka dapat melepas kerinduan akan kuliner Nusantara.[]

Hari Sumpah PemudaPelajar IndonesiaItalia

 

 

Baca Juga