Minggu, 19 Januari 2020

 

 

Hiburan Seni Budaya

Presiden Bersama Keluarga Pasang Bleketepe

Fegi Eras Budianto
Selasa, 07 November 2017 09:55 WIB

Presiden Bersama Keluarga Pasang Bleketepe
Presiden Joko Widodo beserta keluarga pasang Blekepete (Foto: ANTARA FOTO/Maulana Surya)

SOKSINEWS.COM, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melakukan pemasangan bleketepe di depan kediamannya di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo didampingi Iriana Joko Widodo dan para putranya.

Berdasarkan pantauan di Solo, Selasa (7/11), Presiden Joko Widodo hanya sekitar 10 menit melakukan pemasangan bleketepe tersebut. Terlihat Presiden beserta keluarga mengenakan busana Jawa seragam berwarna oranye.

Pada kegiatan tersebut, Presiden maupun keluarga tidak memberikan keterangan apapun dan usai memasang bleketepe tersebut rombongan keluarga kembali memasuki kediamannya.

Tidak hanya keluarga inti, pada pemasangan bleketepe tersebut Presiden juga didampingi oleh keluarga besar.

Selain memasang bleketepe yang merupakan anyaman daun kelapa, Presiden juga membuka selubung pisang yang dipasang di pintu depan kediamannya.

Dalam tradisi Jawa pemasangan bleketepe dilakukan oleh keluarga yang akan menikahkan salah satu anggota keluarga. Pemasangan bleketepe dilakukan di depan rumah sang pemilik rumah.

Mengenai makna pemasangan bleketepe, Ketua Dewan Kesenian Surakarta (DKS) BRM Bambang Irawan mengatakan tradisi tersebut berawal dari Ki Ageng Tarub saat akan menikahkan putrinya.

"Saat itu rumah Ki Ageng Tarub kecil sehingga dia memasang bleketepe di sekeliling rumah dengan maksud agar rumah terlihat lebih besar," katanya.

Ia mengatakan tradisi tersebut hingga saat ini masih dilakukan sebagai tanda bahwa keluarga tersebut siap menyambut para tamu.[]

Sumber: Antara

Berita Lainnya

Pengawasan Kawasan Taman Nasional Komodo Gunakan Teknologi Digital

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Nusa Tenggara Timur akan menggunakan aplikasi teknologi digital untuk memantau seluruh aktifitas baik . . .

Hiburan Kamis, 05 Desember 2019

Toraya Mangkasara Raih Juara Tari Dunia

SOKSINEWS.COM, Perwakilan Indonesia asal Makassar, Sulawesi Selatan berhasil meraih juara kedua dalam ajang kompetisi tari . . .

Hiburan Rabu, 06 November 2019

BPS: Wisatawan Asing Yang Berkunjung Ke Sumbar Turun 25,90 Persen

SOKSINEWS.COM, Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat mencatat kunjungan wisatawan asing ke provinsi itu pada September 2019 . . .

Hiburan Minggu, 03 November 2019

Pagelaran "Fesyar" 2019 Didorong Intensifkan QRIS Di Rumah Ibadah

SOKSINEWS.COM, Pagelaran Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) 2019 di Jawa Timur yang diadakan 6-9 November di Grand City Convention . . .

Hiburan Jumat, 01 November 2019

Cinta Laura Sempat Canggung Berakting Dengan Herjunot Ali

SOKSINEWS.COM, Cinta Laura yang merupakan salah satu pemeran utama film "Jeritan Malam" mengaku sempat canggung ketika . . .

Hiburan Selasa, 29 Oktober 2019