Rabu, 22 November 2017 -

 

 

Berani ke Bukit Suligi, Berani Jatuh Cinta

Hiburan  -  Senin, 13 November 2017, 15:41 WIB
Penulis. Ibnu Abdillah

Keindahan Bukit Suligi (Foto: riautrust.com)

SOKSINEWS.COM, Malam masih pekat menyelimuti puncak Bukit Suligi di Desa Aliantan, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Pekikan suara kera Siamang bersahut-sahutan memecah keheningan, bagaikan nyanyian alam menyambut fajar pada awal November 2017.

Dan ketika semburat matahari mulai menembus mendung, fenomena "samudra awan" mulai terlihat bentuknya. Dari ketinggian 812 meter di atas permukaan laut di puncak Bukit Suligi, butiran air yang mengelompok di atmosfer itu tampak begitu pekat dan luas bagai lautan.

Bukit Suligi seakan mengambang di langit karena awan itu menutupi perbukitan hingga hanya puncaknya saja yang terlihat. Massa putih itu kemudian bergerak perlahan diembus angin, bergelombang seperti ombak dan pecah ketika menghantam pucuk bukit.

Bukit Suligi memang tidak setinggi Gunung Merapi, namun menuju puncaknya butuh perjuangan yang cukup menguras energi dan menguji mental. Bukit Suligi merupakan deretan bukit yang ditetapkan pemerintah sebagai kawasan hutan lindung. Kawasan ini memiliki luas sekitar 33.000 hektare (Ha), yang hampir 80 persen atau 25.000 Ha di Rokan Hulu dan sisanya masuk wilayah Kabupaten Kampar.

Desa Aliantan berjarak sekitar 120 kilometer dari Kota Pekanbaru, dan bisa ditempuh sekitar dua jam dengan kendaraan bermotor. Mobil hanya bisa mencapai gerbang rimba, dan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki.

"Kalau yang biasa mendaki, perjalanan ke puncak bisa ditempuh selama 45 menit. Tapi bagi yang pemula bisa satu jam lebih," kata Agus Setiando, Ketua Komunitas MTMA (My Trip My Adventure) Riau seperti dikutip dari Antara.

Selama perjalanan ke atas, pandangan mata dimanjakan dengan warna hijau pohon karet dan hutan alam. Terdapat beberapa titik peristirahatan untuk sekadar mengambil nafas. Pada setengah perjalanan terdapat puncak bukit pertama berupa hamparan tanah berbatu yang tidak begitu luas. Tempat ini bisa digunakan untuk mendirikan beberapa tenda untuk menikmati malam di Bukit.[]

Bukit SuligiRiauRokan Hulu

 

 

Baca Juga