Jumat, 22 November 2019

 

 

Nasional Humaniora

Dinkes Tangerang  Sebut Program "Home Care" Layani 1.000 Penderita

Ahmad Fiqi Purba
Senin, 27 November 2017 09:47 WIB

Dinkes Tangerang  Sebut Program
Dinkes Tangerang (Foto: Istimewa)

SOKSINEWS.COM, Dinas Kesehatan Kota Tangerang menyebutkan program layanan kesehatan "Home Care" atau kunjungan ke rumah warga yang dicetuskannya sudah melayani hampir 1.000 penderita berbagai macam penyakit dikhususkan yang berat.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tangerang Henny Herlina di Tangerang, Senin (27/11), menjelaskan, Home Care atau kunjungan petugas kesehatan ke rumah warga adalah layanan yang disiapkan Dinas Kesehatan untuk membantu warga yang mengalami sakit seperti TBC, Gizi Buruk, Ispa dan lainnya.

Petugas kesehatan yang merupakan dokter dan perawat akan melakukan kunjungan ke rumah warga setelah melihat adanya peningkatan jumlah sebaran penyakit di wilayah tersebut berdasarkan data dari puskesmas setempat.

Layanan ini dimaksudkan untuk mengatasi warga yang kurang aktif datang ke puskesmas maupun layanan kesehatan lainnya.

Ribuan warga telah dilayani melalui program ini, mulai dari pemeriksaan kesehatan seperti katarak mata, sesak pernapasan hingga batuk dan pilek.

"Petugas Cageur jasa yang melakukan kunjungan ke rumah warga dalam rangka pendataan dan kemudian menemukan adanya warga yang sakit maka bisa berkoordinasi dengan petugas home care. Termasuk juga permintaan dari puskesmas setempat," katanya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Kota Tangerang telah membuat program Si Seksi (Sistem Monitoring Semua Siklus Kehidupan) dan Si Bugar (Sistem Pelayanan Kesehatan Komperehensip Buat Warga Kota Tangerang) yang bertujuan untuk mewujudkan Kota Sehat dan Masyarakat yang menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Si Seksi adalah program monitoring yang dilakukan dari masa konsesi pada ibu hamil di triwulan pertama, seribu hari pertama kehamilan (HPK) hingga lansia.

Sedangkan Si Bugar adalah informasi layanan kesehatan yang sudah disiapkan Dinas Kesehatan dan perlu diketahui oleh warga dalam menunjang kebutuhannya.

Misalnya layanan mobil ambulance gratis, Aplikasi Simpati RS, Sisrute, Puskesmas UGD 24 Jam dan Persalinan, Ambulance Smart 119 hingga pengaduan Laksa.[]

Sumber: Antara

Berita Lainnya

KPK Latih 60 Pemuda Jateng Terkait Pencegahan Korupsi

SOKSINEWS.COM, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Kemendes PDTT dan komunitas Ketjilbergerak melatih 60 pemuda dari 20 . . .

Nasional Jumat, 22 November 2019

Ahok Jadi Komisaris Utama PT Pertamina

SOKSINEWS.COM,Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Pertamina . . .

Nasional Jumat, 22 November 2019

PT KCN Dan STIP Kerja Sama Tingkatkan Kompetensi SDM Kemaritiman

SOKSINEWS.COM, PT Karya Citra Nusantara (KCN) bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta untuk mengembangkan . . .

Nasional Jumat, 22 November 2019

Wagub Sumbar: RS Pemerintah Tidak Boleh Berhenti Layani Masyarakat

SOKSINEWS.COM, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menegaskan tidak boleh ada Rumah Sakit (RS) pemerintah yang berhenti . . .

Nasional Jumat, 22 November 2019

KAHMI Kalsel Diminta Cegah Radikalisme Dan Terorisme

SOKSINEWS.COM,  Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor meminta Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) . . .

Nasional Jumat, 22 November 2019