Minggu, 17 Desember 2017 -

 

 

BI Gandeng Polairud Edarkan Rupiah ke Kepulauan

Ekonomi  -  Selasa, 28 November 2017, 12:44 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Bank Indonesia (Foto: Istimewa)

SOKSINEWS.COM, Bank Indonesia menggandeng unit Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) untuk penggunaan fasilitas kapal ke berbagai wilayah Kepulauan di Indonesia guna mengedarkan uang rupiah layak edar dan asli.

“BI mengintensifkan pengedaran uang rupiah layak edar dengan jumlah dan pecahan yang cukup karena hal itu dapat turut meningkatan kegiatan ekonomi masyarakat, selain juga untuk menjaga kedaulatan rupiah,” ujar Deputi BI Sugeng dalam siaran pers terkait penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri Komisaris Jenderal Polisi Moechgiyarto, Selasa (28/11).

Lebih lanjut Sugeng mengatakan, ketersediaan rupiah di berbagai wilayah juga untuk memperkuat kegiatan perekonomian di masyarakat. Dan tentu rupiah harus berdaulat di NKRI,"

Menyangkut kedaulatan, Sugeng mengatakan, Indonesia memiliki pengalaman buruk saat lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan ke Malaysia. Salah satu penyebab lepasnya Sipadan dan Ligitan adalah kurangnya ketersediaan mata uang rupiah di pulau tersebut, sehingga masyarakat setempat bertransaksi menggunakan mata uang asing.

"Kita punya pengalaman dengan hilangnya Pulau Sipadan. Itu salah satu faktor penyebabnya karena tidak berdaulatnya rupiah," ujarnya, dilansir dari kantor berita Antara.

Sugeng menuturkan pennggunaan armada dari Polariud akan membantu distribusi uang rupiah, khususny ke pulau-pulau yang beum terjangkau layanan perbankan.

Dalam kerja sama melalui kas keliling antara BI dan Kepolisian ini, Sugeng mengatakan akan dilaksanakan pula berbagai edukasi, seperti mengenai ciri-ciri keaslian dan cara merawat uang Rupiah.

"PKS yang ditandatangani hari ini berlaku secara nasional, sehingga dapat dijadikan acuan bagi pelaksanaan kerja sama antara BI dan Polri di daerah," ujarnya.[]

BIRupiahPolairud

 

 

Baca Juga