Minggu, 17 Desember 2017 -

 

 

Bondan Winarno

Hiburan  -  Rabu, 29 November 2017, 16:13 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Bondan Winarno. (Foto: INSTAGRAM/maknyusbw)

SOKSINEWS.COM, Kabar duka datang dari Pegiat kuliner Tanah Air, Bondan Winarno, yang terkenal dengan ungkapan "maknyuss" untuk menggantikan enak itu baru saja tutup usia Rabu (29/11).

Bondan menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat sekitar pukul 09.05 Pagi. Bondan meninggal dunia pada usia 67 tahun.

abar ini pertama kali disampaikan presenter Kelana Rasa, Arie Parikesit lewat akun Twitternya @arieparikesit. Dalam unggahannya, dirinya mengungkapkan kaget saat mengetahui Bondan sudah meninggal dunia.

"Mendapat berita duka cita yang bikin lemes mendadak, guru dan teman kita semua Pak Bondan Haryo Winarno meninggal dunia tadi pagi jam 9.05 WIB di RS Harapan Kita Jakarta," kicau Arie.

Bondan Winarno, salah seorang pakar kuliner Indonesia, meninggal dunia di Rumah Sakit Harapan Kita setelah beberapa waktu menderita aneurisma.

Bondan saat memandu acara televisi Wisata Kuliner mempopulerkan istilah "maknyuss" jika makanan yang dicicipinya enak.

"Pokok'e maknyuss," begitu yang dikatakannya dengan logat Jawa. Ungkapan ini kemudian sering diparodikan dalam suatu kondisi yang nyaman, enak dan lainnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Bondan Winarno meninggal dunia di RS Harapan Kita pukul 09.05 WIB dan akan dibawa ke rumahnya di daerah Sentul City, Bogor, Jawa Barat.

Sementara itu, warganet turut mengucapkan duka cita mereka untuk Bondan, yang juga mendirikan beberapa restoran di ibu kota, cuitan tentang "Pak Bondan" hingga siang ini melebihi angka 11 ribu.

Tak lupa warganet menyelipkan #maknyus di antara ucapan duka cita mereka, beberapa menyertakan foto Bondan mengangkat tiga jari sambil membentuk huruf "O" dengan telunjuk dan ibu jari, pertanda "maknyuss".

Bondan Winarno lahir di Surabaya, Jawa Timur, 29 April 1950. Sebelum dikenal sebagai pegiat kuliner di Tanah Air, Bondan Winarno merupakan seorang penulis dan wartawan Indonesia dengan berbagai kebisaan.

Dia memelopori dan menjadi ketua Jalansutra, suatu komunitas wisata boga yang sangat terkenal di Indonesia. Dia juga menjadi presenter dalam acara kuliner di salah satu stasiun televisi, yaitu Wisata Kuliner.

Pada 1984-1987, Bondan pernah menjadi redaktur kepala majalah SWA. Pada 1987-1994 ia beralih menjadi pengusaha dan menjabat sebagai Presiden Ocean Beauty International, sebuah perusahaan makanan laut yang berbasis di Seattle Washington, Amerika Serikat.

Pada 2001-2003, Bondan Winarno sempat menjadi pemimpin redaksi harian Suara Pembaruan.[]

Bondan WinarnomaknyussArie Parikesit

 

 

Baca Juga