Minggu, 17 Desember 2017 -

 

 

NBC Pecat Pembawa Acara 'Today' Karena Pelecehan Seksual

Internasional  -  Kamis, 30 November 2017, 09:10 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Pembawa acara "Today" NBC ternama, Matt Lauer (Foto: Antaranews)

SOKSINEWS.COM, NBC memecat pembawa acara "Today" ternama, Matt Lauer, setelah muncul tuduhan dari satu rekan kerjanya bahwa ia melakukan pelecehan seksual, kata jaringan stasiun televisi itu, Rabu (29/11).

Lauer menambah deretan sosok-sosok kaya dan berpengaruh yang terpuruk tahun ini di tengah tuduhan-tuduhan pelecehan seksual.

Pemecatan Lauer sontak menjadi berita yang menggegerkan di berbagai acara televisi pagi hari, yang telah sekian lama didominasi program "Today" --yang dibawakan Lauer sejak 1997.

"Today" disebut-sebut menghasilkan pemasukan dana 20 juta dolar AS (sekitar Rp270 miliar) bagi NBC setiap tahunnya.

Bintang program berita berusia 59 tahun dan menikah itu merupakan sosok terkenal berikutnya yang tersangkut tuduhan melakukan pelecehan seksual setelah sejumlah pria berpengaruh di bidang industri hiburan, politik dan media.

Menurut Pemimpin Redaksi NBC Andrew Lack dalam pernyataan, tuduhan pelecehan seksual diungkapkan oleh seorang perempuan rekan kerja Lauer.

Lauer dianggap telah dengan jelas melakukan pelanggaran standar perusahaan.

"Walaupun keluhan soal perilakunya itu baru pertama kali mengemuka selama dua puluh tahun ia (Lauer, red) bekerja di NBC News, kami juga memiliki alasan untuk meyakini bahwa kasus ini bukan satu-satunya yang pernah terjadi," kata Lack.

Agen Lauer, Ken Lindner, tidak membalas permintaan untuk berkomentar.

Kabar pemecatan Lauer diumumkan oleh sesama pemandu "Today", Savannah Guthrie dan Hoda Kotb, saat keduanya memulai program bincang-bincang itu.

"Today" telah menjadi andalan program televisi pagi selama lebih dari 60 tahun yang, menurut NBC, ditonton oleh rata-rata lebih dari empat juta pemirsa.

"Kami baru mengetahui kabar ini beberapa saat lalu pagi ini," kata Guthrie, yang terlihat terguncang.

Pernyataan Lack tidak menyebutkan siapa yang melaporkan pelecehan seksual namun menjanjikan bahwa NBC akan mengungkapkan pemecatan Lauer "seterbuka mungkin".

Sementara itu, perempuan yang bersangkutan telah bertemu dengan para wartawan New York Times pada Senin sebelum ia menghadap ke pejabat bagian sumber daya manusia dan hukum NBC pada Senin malam untuk menyampaikan keluhan soal Lauer, menurut laporan Times.

Perempuan tersebut mengatakan saat itu dia belum siap untuk mengungkapkan jati dirinya ke publik.

Pengacara perempuan itu, Ari Wilkenfeld, mengatakan pertemuan dengan para penjabat NBC berlangsung selama beberapa jam.

"Dalam waktu kurang dari 35 jam, NBC telah menyelidiki dan memberhentikan Bapak Lauer. Pandangan kami pada saat ini adalah bahwa NBC telah bertindak dengan cepat, seperti layaknya yang harus dilakukan semua perusahaan, saat menerima laporan soal tuduhan tepercaya menyangkut pelecehan seksual di tempat kerja," kata Wilkenfield dalam pernyataan.

Menurut laporan, pelecehan itu terjadi ketika Lauer dan sang perempuan rekan kerjanya sedang meliput Olimpiade Sochi di Rusia pada 2014, kata wartawan NBC News tephanie Gosk saat siaran.

Pelecehan terus terjadi setelah olimpiade musim dingin itu, kata Gosk.

"Today" telah mendominasi peringkat acara pagi televisi sejak Lauer mulai menjadi pembawa acaranya pada 1997.

Program itu tahun lalu mengantongi pendapatan dari iklan senilai 509 juta dolar, jumlah tertinggi di antara para saingannya, kata pengulas yang berpusat di New York, Kantar Media.

Lauer bergabung dengan "Today" pada 1994 dan telah mewawancarai Presiden George Bush serta Presiden Barack Obama, juga meliput tujuh olimpiade.

Menurut Fortune Magazine, Lauer pada 2016 menandatangani kesepakatan kerja untuk masa dua tahun dengan bayaran 20 juta dolar setahun.[]

Sumber: Antara

NBCMatt LauerToday

 

 

Baca Juga