Kamis, 14 November 2019

 

 

Ekonomi Energi

Pertamina Jamin Stok Elpiji Cukup Untuk Natal

Ahmad Fiqi Purba
Selasa, 05 Desember 2017 13:38 WIB

Pertamina Jamin Stok Elpiji Cukup Untuk Natal
Ilustrasi (Foto:(Antara/Eric Ireng)

SOKSINEWS.COM, Pejabat PT Pertamina Palu Bastian Wibowo menyatakan jelang Natal dan Tahun Baru 2018 stok elpiji termasuk yang berukuran 3 kg yang selama ini disubsidi pemerintah cukup.

“Masyarakat tidak perlu khawatir kekurangan elpiji karena stok yang ada mencukupi kebutuhan, meski dalam dua bulan terakhir ini permintaan meningkat dibandingkan sebelumnya,” kata Bastian, Selasa (5/12).

Diketahui peningkatan itu dikarenakan umat Kristiani yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru. Meski permintaan meningkat, namun stok yang tersedia sudah diperhitungkan jauh sebelumnya sehingga dijamin dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Bahkan, pihaknya, kata dia memberikan promo harga khusus hingga Desember bagi masyarakat yang membeli elpiji tabung 5,5 kg dengan harga hanya Rp60.000.

Biasanya, harga per tabung untuk elpiji 5,5 kg dijual Rp75.000. "Tapi di pasar murah yang digelar Pemprov Sulteng di Palu hanya dijual seharga Rp60.000/tabung," kata dia.

Selain di pasar murah, warga yang hendak membeli bisa mendapatkannya di sejumlah titik yang telah ditetapkan Pertamina dalam Kota Palu

"Kita siapkan beberapa titik untuk penjualan elpiji 5,5kg dengan harga promo dan berlaku selama Desember 2017 ini," kata Bastian, dilansir dari kantor berita Antara.

Menjawab pertanyaan, Bastian menegaskan pihaknya hanya bertanggungjawab pendistribusian melalui agen/distributor sampai ke tingkat pangkalan.

Dari pangkalan ke pengecer, itu menjadi tanggung jawab oleh pemerintah daerah.

Misalkan untuk wilayah Kota Palu, berarti Pemkot Palu yang bertanggungjawab, termasuk melakukan tindakan tegas bagi pengecer yang terbukti menjual elpiji subsidi.

Kalau di tingkat pangkalan, itu sepenuhnya kewenangkan Pertamina dan distributor yang akan menindak tegas.

Harga elpiji di tingkat pangakalan sesuai harga eceran tertinggi (HET) ditetapkan pemerintah Rp16.000/tabung.

Sementara harga elpiji subsidi dijual pengecer saat ini bervariasi antara Rp20.000 s/d Rp25.000/tabung.[]

Berita Lainnya

UMK Mataram Ditetapkan RP2.184.485

SOKSINEWS.COM, Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, telah menetapkan upah minimum kota (UMK) tahun 2020 sebesar . . .

Ekonomi Kamis, 14 November 2019

Presiden Jokowi Minta DIPA 2020 Dibelanjakan Secepatnya

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada pimpinan kementerian, lembaga, dan daerah, agar secepatnya membelanjakan . . .

Ekonomi Kamis, 14 November 2019

Kemenhub Serap APBN 2019 Baru Mencapai 69,30 Persen

SOKSINEWS.COM, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyerap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 baru mencapai 69,30 . . .

Ekonomi Rabu, 13 November 2019

LPS Imbau Masyarakat Tidak Tergiur Suku Bunga Bank Yang Tinggi

SOKSINEWS.COM, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengimbau masyarakat untuk tidak tergiur dengan tawaran suku bunga bank yang tinggi, . . .

Ekonomi Rabu, 13 November 2019

Bertemu Erick Thohir, Ahok: Saya Mau Dilibatkan Disalah Satu BUMN

SOKSINEWS.COM, Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mendatangi kantor Kementerian BUMN untuk bertemu Menteri . . .

Ekonomi Rabu, 13 November 2019