Minggu, 17 Desember 2017 -

 

 

Harga Telur Ayam di Ambon Merangkak Naik

Ekonomi  -  Kamis, 07 Desember 2017, 10:18 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Pedagang Telur (Foto: antaranews)

SOKSINEWS.COM, Harga telur ayam ras yang selama ini didatangkan dari Surabaya untuk memenuhi permintaan masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya kini mulai bergerak naik cukup tinggi.

Pantauan di lokasi pasar Mardika dan pasar Batu meraH, Kamis (7/12) tampak para pedagang menawarkan harga telur ayam ras bervariasi mulai dari Rp1.700/butir hingga Rp1.800, atau naik dari sebelumnya Rp1.600/butir.

"Harga telur ayam sudah naik di tingkat agen pemasok sejak hari Rabu (6/12), jadi untuk tidak merugi kami memiliah-milah telur yang ukuran kecil dan besar dengan mematok harga yang berbeda," ujar Jufri.

Telur di tingkat agen sekarang ini sudah naik, lanjutnya, dari Rp265.000/ikat menjadi Rp300.000/ikat (180 butir).

"Supaya tidak merugi kita jual yang ukuran kecil dengan harga Rp1.700 dan yang ukuran besar Rp1.800/butir," ujarnya.

Setiap ikatan telur yang berjumlah 180 butir, lanjutnya, sudah pasti ada saja yang busuk atau pecah berkisar sekitar enam hingga delapan buah telur, dan untuk menutupi kerugian itu kita harus pandai-pandai mencari keuntungan guna menutupinya.

Inang agen yang selama ini mendatangkan telur dari Surabaya ketika dikonfirmasi mengakui kalau sekarang ini harga telur ayam sudah bergerak naik ditingkat sentra produksi di Surabaya.

“Perubahan naik bukan baru terjadi kemarin sudah sejak minggu yang lalu bertepatan dengan hari raya Maulid permintaan telur cukup banyak sehingga mempengaruhi permintaan ke daerah-daerah,” kata Inang.

Dia mengatakan, harga telur sekarang ini berkisaran di atas Rp295.000 hingga Rp300.000/ikat, dengan demikian di tingkat eceran sudah pasti pedagang menjual dengan harga Rp1.700 hingga Rp1.800/butir.

Sedangkan kebutuhan lain tidak ada perubahan masih tetap normal-normal saja, hanya telur karena kebutuhannya cukup banyak sejak hari raya dan juga persiapan memasuki hari Natal.[]

Sumber: Antara

Harga TelurAmbon

 

 

Baca Juga