Selasa, 11 Desember 2018 -

 

 

Jelang Asean Games, Dinkes Palembang Adakan Workhsop Pertolongan Cidera dalam Olahraga

Humaniora  -  Jumat, 08 Desember 2017, 10:37 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Lesty Nuaraini (kanan). (Foto: klikberita.co.id)

SOKSINEWS.COM, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan Workshop Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pertolongan dalam penanganan cidera akibat olahraga, acara tersebut ditujukan untuk mempersiapkan kesiapan tim kesehatan dalam ajang Asian Games di Palembang pada 2018.

Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan, Lesty Nuraini mengatakan, pertolongan dalam penanganan cidera akibat olahraga perlu dilakukan secara profesional supaya dampaknya tidak terlalu parah bahkan untuk menghindari korban jiwa.

“Cidera akibat olahraga harus ditolong sesegera mungkin dan dilakukan secara terencana dan profesional. Jangan pertolongan dilakukan hanya sekadar mengobati akan tetapi juga perlu memperhatikan dari sisi psikologi," kata Lesty di Palembang, Jumat (8/12).

Kegiatan tersebut akan diikuti ratusan peserta baik tenaga medis dan pegawai kesehatan maupun anggota TNI serta tim lainnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, kegiatan tersebut untuk mempersiapkan tenaga medis yang profesional dan berkomitmen supaya nantinya mereka dapat bertugas dengan baik.

Jadi Workshop Sumberdaya Manusia petugas kesehatan Asian Games 2018 yang diselenggarakan saat ini sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme petugas kesehatan.

Selain itu dengan adanya pelatihan ini diharapkan nantinya dapat memberikan layanan kesehatan dengan cepat, tepat dan akurat sehingga para atlet dapat bertanding dengan nyaman dan aman, kata dia.

Sementara Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Bambang Wibowo mengatakan, untuk menghindari kejadian kecacatan atau kematian akibat cidera olahraga maka diperlukan tenaga kesehatan yang profesional.

Pihaknya tidak menginginkan adanya kasus kematian, cidera dan cacat pada atlet yang sedang bertanding, kata dia.

Oleh karena itu pelatihan khusus terkait pertolongan pada dampak kegiatan olahraga untuk menguatkan kompetensi petugas kesehatan pada Asian Games dan Para Games, tambah dia.[]

DinkesPalembangSumatera SelatanLesty NurainiSea Games 2018

 

 

Baca Juga