Minggu, 21 Januari 2018 -

 

 

Kota Pematangsiantar Aman dari Penyakit Difteri

Nasional  -  Kamis, 14 Desember 2017, 15:03 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi (Foto: efeksampingvigpower.com)

SOKSINEWS.COM, Kota Pematangsiantar Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bebas dari penyakit Difteri yang disebabkan bakteri Corynebacterium Diphtheriae dan telah menyebar di berbagai daerah di Indonesia, hal itu dibuktikan dengan tidak adanya laporan dari puskesmas setempat yang menangani kasus difteri di daerah tersebut.

"Sampai saat ini tidak ada ditemukan dan belum juga ada laporan rumah sakit atau puskesmas menangani kasus itu," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar, dr Ronald H Saragih, Kamis, 14/12).

Begitupun Dinas Kesehatan melakukan sosialisasi melalui tenaga medis di puskesmas-puskesmas dan Posyandu tentang bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit.

Pengenalan gejala-gejala dan vaksin difteri perlu dilakukan dalam upaya mengantisipasi berkembangnya bakteri, penularan dan penanganan guna mengurangi risiko kematian.

Dinas Kesehatan mengimbau warga untuk membiasakan berperilaku hidup bersih dan sehat, serta membawa anggota keluarga yang memiliki gejala-gejala infeksi difteri ke rumah sakit atau puskesmas guna penanganan dini.

Gejala-gejala itu munculnya lapisan tipis abu-abu yang menutupi tenggorokan dan amandel, demam dan menggigil, sakit tenggorokan dan suara serak, sulit bernapas atau napas yang cepat, pembengkakan kelenjar limfe pada leher, lemas dan lelah, pilek kental dan terkadang bercampur darah.[]

Sumber: Antara

PematangsiantarSumatera UtaraKadis Kesehatandr Ronald H SaragihDifteri

 

 

Baca Juga