Rabu, 20 Juni 2018 -

 

 

Peringatan Hari Aids Sedunia di Gelar di DIY

Nasional  -  Jumat, 15 Desember 2017, 16:12 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

SOKSINEWS.COM, Peringatan Hari AIDS Sedunia digelar di Daerah Istimewa Yogyakarya (DIY) dengan mengangkat tema "Saya Berani, Saya Sehat",  kegiatan ini juga merupakan bagian dari kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dipusatkan di Lapangan Pemda Kabupaten Sleman, Jumat (15/12).

Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Pakualam X yang hadir pada peringatan tersebut mengajak seluruh masyarakat untuk menghindari sikap deskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS.

"Kami berharap peringatan Hari AIDS Sedunia ini mampu mendorong dan menggugah kesadaran masyarakat untuk mengembalikan hak-hak penderita HIV/AIDS," katanya, seperti dilansir dari kantor berita Antara.

Paku Alam X juga mengajak masyarakat untuk menghindari perilaku-perilaku tidak sehat yang dapat berpotensi menuyebarnya virus HIV.

"Mari hindari sikap berisiko, pertahankan perilaku aman, bersikap wajar, tidak diskriminatif atau member cap negatif, dan berilah dukungan kepada mereka para penderita HIV/AIDS," katanya.

Ia juga berharap kegiatan kampanye GERMAS pada peringatan Hari AIDS Sedunia tersebut mampu mendorong dan menggugah kesadaran terkait pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS.

"Karena itu, peringatan Hari AIDS Sedunia ini hendaknya berisi edukasi terkait pengobatan penyakit AIDS dan kesadaran untuk menghindarinya," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan DIY drg Pembayun Setyaningastutie mengatakan jumlah HIV/AIDS di DIY ada sebanyak 3.688 kasus, dengan jumlah penderita AIDS sebanyak 1.468 kasus.

"Faktor risiko tertinggi adalah pada heteroseksual pada kelompok umur 22 hingga 29 tahun. Kasus terbanyak diantara lima Kabupaten/Kota di DIY, yakni Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, dan Bantul yang akan menjadi PR kita bersama," katanya.

Ia mengatakan, diharapkan semakin banyaknya masyarakat yang mengetahui status HIV/AIDS, akan dapat mendorong percepatan penurunan epidemis HIV/AIDS di DIY.

Sehingga nantinya Indonesia bisa mencapai 'Getting To 3 Zeroes', yaitu 'Zero New HIV Infection', 'Zero Stigma and Discrimination' dan 'Zero AIDS Related Death' (Tidak ada infeksi baru HIV, Tidak ada Stigma dan Diskriminasi dan Tidak ada kematian akibat AIDS)," katanya, Turut hadir pula pada acara tersebut Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun.

Acara juga diisi dengan prosesi potong tumpeng sebagai ucapan Selamat Ulang Tahun yang ke 55 untuk Sri Paduka Pakualam X.

Kemudian acara diakhiri dengan peninjauan tempat pemeriksaan kesehatan oleh Sri Paduka Pakualam X yang berada di Ops Room Pemda Sleman, serta Talk Show seputar HIV/AIDS.[]

AidsDIYSlemanYogyakarta

 

 

Baca Juga