Senin, 20 Agustus 2018 -

 

 

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Ayam Potong  di Pekanbaru Merangkaik Naik

Ekonomi  -  Kamis, 21 Desember 2017, 09:32 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ayam Potong (Foto: bisnisonlineusaharumahan.com)

SOKSINEWS.COM, Harga ayam potong di beberapa pasar tradisional Kota Pekanbaru, seperti Cikpuan menalami kenaikan harga sekitar Rp4.000 perkilogram menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Harga ayam naik modalnya kami harus menjual Rp28.000/kg, sebelumnya hanya Rp24.000/kg," kata Paijo (40) salah seorang pedagang ayam potong kepada Antara di Pasar Cikpuan Pekanbaru, Kamis (21/12).

Paijo mengaku membeli ayam dari agen besar, mereka sudah menerima harga baru untuk modal jual ayam potong tersebut sepekan lalu.

Kenaikan ini sebut dia sudah jadi langganan saat menjelang perayaan hari-hari keagaamaan seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.

"Sudah biasa kalau mau perayaan agama daging ayam potong naik, " ucapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Mikro Pekanbaru, Masirba Sulaiman membenarkan bahwa telah terjadi kenaikan harga ayam potong di wilayah setempat sebesar 18-20 persen sejak sepekan terakhir.

"Memang sekarang daging ayam potong naik, hari ini pedagang pengecer Rp28.000/kg, naik dari harga awal bulan November 2017 hanya Rp24.000/kg," ujar Masirba, melansir dari kantor berita Antara.

Menurut Masirba kenaikan ini besarannya masih wajar, dan semata disebabkan oleh meningkatnya permintaan menjelang Natal dan liburan akhir tahun.

"Kami ketahui perayaan Natal dan libur akhir tahun segera tiba, aktivitas kuliner meningkat jadi permintaan pasokan ayam juga naik, " urainya.

Ia mencontohkan untuk kenaikan harga ayam potong sepekan ini masih terbagi dua jenjang, pertama untuk berat dibawah dua kilogram jauh lebih mahal dari yang timbangannya di atas dua kilogram.

"Dari informasi pedagang yang ukuran berat di bawah dua kilogram harga ayam potong bisa Rp28.000/kg, sedangkan berat di atas dua kilogram bisa lebih murah Rp26.000/kg," imbuhnya.

Ia menambahkan kondisi kenaikan harga ayam potong ini tidak akan melebihi batas kewajaran menjelang akhir tahun, karena sambung dia dari informasi para pedagang bahwa peternak tidak lama lagi akan melakukan panen besar. Sehingga stok akan berlimpah.

"Ada informasi dari para pedagang bahwa peternak akan menghadapi panen besar ayam potong. Sehingga diperkirakan akan mampu mencukupkan lonjakan permintaan daging ayam sekaligus menekan kenaikan harga lebih tinggi lagi," pungkasnya.[]

EkonomiNatal Tahun BaruHargaAyam Potong

 

 

Baca Juga