Selasa, 26 Juni 2018 -

 

 

225 Orang Manfaatkan Program Mudik Gratis dari Pemrov Sulteng

Nasional  -  Kamis, 21 Desember 2017, 10:49 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi (Foto: .klikpositif.com)

SOKSINEWS.COM, Sebanyak 225 orang di Palu memanfaatkan program mudik gratis Natal dan Tahun Baru yang dilaksanakan Pemprov Sulawesi Tengah.

Mudik gratis dilepas Gubernur diwakili Asisten I Sekdaprov, Faizal Mang di depan Kantor Gubernur Sulteng pada Kamis (21/12) pagi.

Pemprov Sulteng pada 2017 melaksanakan program mudik gratis dari Kota Palu menuju sembilan kabupaten di daerah itu.

Jalur mudik antara lain Palu-Poso, Palu, Tojo Una-Una, Palu-Morowali, Palu-Morowali Utara, Palu-Banggai, Palu-Bangkep, Palu-Banggai Laut, Palu-Tolitoli dan Palu Buol.

Mudik gratis melalui jalur darat tersebut menggunakan sebanyak 21 armada milik perusahaan otobis (PO) yang ada di Provinsi Sulteng.

"Mudik gratis hanya berlaku bagi masyarakat kurang mampu, kalangan pelajar dan mahasiswa," kata Faizal Mang.

Program mudik gratis merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah daerah guna meringankan beban masyarakat yang akan merayakan Natal 25 Desember 2017 dan Tahun Baru 1 Januari 2018 di masing-masing kabupaten di Sulteng itu.

Program ini, kata dia, sudah merupakan kedua kali digelar oleh Pemprov Sulteng.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Sulteng, Abdul Haris Rengah mengatakan mudik kali ini, pemerintah menyiapkan sebanyak 350 kursi bagi masyarakat kurang mampu, pelajar dan mahasiswa yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru di sembilan kabupaten.

Namun, kata dia, kuota mudik gratis yang disediakan Pemprov Sulteng tersebut hingga pemberangkatan tidak terpenuhi. "Hanya 225 orang saja dari target 350 orang," katanya.

Padahal, kata mantan penjabat Bupati Morowali Utara itu, tujuan program mudik gratis adalah untuk membantu masyarakat bisa pulang kampung tanpa mengeluarkan biaya transportasi, meski hanya sekali perjalanan.

"Jadi hanya waktu pergi saja. Kalau pulang atau kembali sudah ditanggung sendiri oleh masyarakat," katanya, melansir dari kantor berita Antara.

Haris juga menambahkan jumlah armada angkutan Natal dan Tahun Baru di Sulteng cukup memadai.

Baik armada kapal laut, maskapai penerbangan dan juga angkutan darat yang ada saat ini masih memadai. Meski terjadi lonjakan arus mudik tetap masih bisa terlayani.[]

 

PaluNatalTahun BaruPemprov Sulawesi TengahMudik

 

 

Baca Juga