Selasa, 12 November 2019

 

 

Nasional Daerah

Ganjar Pranowo Minta TPA Liar di Brebes Dipindah

Ahmad Fiqi Purba
Kamis, 21 Desember 2017 11:27 WIB

Ganjar Pranowo Minta TPA Liar di Brebes Dipindah
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo . ANTARA FOTO/Rosa Panggabean/kye/17.

SOKSINEWS.COM, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta agar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) liar yang terletak di pinggir Sungai Cisanggarung, Desa Bojongsari, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, dipindah.

"Kalau kami lihat sepadan sungai, ini (TPA liar, red.) sudah salah, karena sepadan sungai itu 100 meter, tapi ini mepet," kata Ganjar saat meninjau langsung TPA liar di Kabupaten Brebes, Kamis.

Menurut Ganjar, TPA liar yang sampahnya berasal dari Kabupaten Cirebon dan sekitarnya itu merupakan persoalan masyarakat yang harus segera diselesaikan.

"Ini bukan persoalan Kabupaten Cirebon, tapi ini persoalan masyarakat yang harus diselesaikan dengan melibatkan berbagai pihak," ujarnya.

Politikus PDI Perjuangan itu menyebutkan, polusi bau yang ditimbulkan TPA liar sudah luar biasa mengganggu masyarakat, khususnya yang tinggal di seberang Sungai Cisanggarung.

Ganjar mengaku akan mengirim surat resmi yang ditujukan kepada Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Dalam Negeri, Pemkab Cirebon, terkait dengan pengelolaan sampah.

"Solusinya kami mesti bareng-bareng, kami siap membantu Pemkab Cirebon untuk menyelesaikan persoalan ini, kami duduk bersama untuk cari solusi terbaik," katanya, seperti dilansir dari kantor berita Antara.

Yang jelas, tegas Ganjar, TPA liar di pinggir Sungai Cisanggarung harus dipindah.

"Ini harus dipindah, dari patok batas saja itu masuk wilayah Jateng, itu harus kita buktikan bersama," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, setiap hari ada 18-20 truk yang membuang sampah di TPA liar dan sudah terjadi sejak enam bulan lalu.[]

Berita Lainnya

Menlu Retno Marsudi Pastikan Habib Rizieq Masih Pegang Paspor WNI

SOKSINEWS.COM, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi memastikan Habib Rizieq Shihab masih memegang . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019

Bulog Miliki Beras Fortifikasi Atasi Masalah Stunting

SOKSINEWS.COM, Perum Bulog Divisi Regional Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan bahwa saat ini perusahaan itu sudah menyediakan . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019

KPK Hormati Putusan Hakim Tolak Praperadilan Imam Nahrawi

SOKSINEWS.COM, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghormati putusan Hakim Tunggal Elfian yang menolak seluruh permohonan . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019

Menteri PANRB Tunggu "Feedback" K/L Terkait Kajian Pemangkasan Eselon

SOKSINEWS.COM, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menunggu hasil kajian dari . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019

Polisi Tangkap Seorang Pria Tipu Gadis Muda

SOKSINEWS.COM, Petugas kepolisian di Mapolsek Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, menangkap Kasmin (39), warga . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019