Rabu, 20 Juni 2018 -

 

 

Pelaku UKM Bantul Berinovasi Ciptakan Telur Asin Aneka Rasa

Ekonomi  -  Rabu, 27 Desember 2017, 16:43 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Telur Asin (Foto: Istimewa)

SOKSINEWS.COM, Kelompok usaha kecil menengah Arum Ndalu Pedukuhan Padokan Lor, Desa Tirtonirmolo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta memproduksi telur asin aneka rasa guna memperluas jangkauan pasar produk makanan olahan itu.

"Awalnya kami hanya memproduksi telur asin satu rasa yaitu original, tetapi sejak setahun terakhir ini kami berinovasi memproduksi telur asin aneka rasa," kata Penanggungjawab UKM Arum Dalu Padokan Lor, Desa Tirtonirmolo, Retno Widayati di Bantul, Rabu (27/12).

Menurut dia, kelompok UKM di bawah naungan program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) Desa Tirtonirmolo ini beranggotakan sekitar 40 orang yang sejak tiga tahun lalu membuat telur asin.

Ia mengatakan, inovasi telur asin aneka rasa itu karena telur asin produksinya diminati, sehingga harapannya dengan membuat telur aneka rasa seperti rasa rendang, gule, bawang dan rasa mangga itu produk mereka makin laku di pasaran.

Menurut dia, setelah setahun berjalan membuat telur asin aneka rasa di pasaran laku cukup keras, sehingga membuat kelompok UKM yang beranggatakan wanita atau ibu-ibu ini lebih semangat untuk melanjutkan usaha tersebut.

"Pada awalnnya telur asin kami titipkan di warung-warung dan kios-kios pasar terdekat, namun makin lama makin banyak yang kenal produk kami, dan sudah ada beberapa yang pesan untuk keperluan keluarga, hajatan, arisan dan sebagainya," katanya, seperti diberitakan Antara.

Bahkan, kata dia, hingga saat ini telur asin produksi UKM Arum Dalu ini sudah mempunyai dua 'reseller' dari Surabaya dan Bandung, yang setiap beberapa waktu pesan untuk dijual di wilayah kedua kota tersebut.

"Untuk kapasitas produksi kalau kondisi ramai rata-rata sekitar 100 butir untuk rasa original, sedangkan telur asin aneka rasa sesuai pesanan. Dalam proses pembuatan telur asin ini membutuhkan waktu sekitar 15 hari," katanya.

Retno mengatakan, untuk bahan baku telur selama ini tidak ada kendala dan selalu tersedia dari peternak itik di wilayah sekitar dan sebagian mengambil dari pedagang telur dari Wates Kabupatan Kulon Progo, DIY.

"Untuk membuat telur asin diawali dari telur itik yang dicuci bersih kemudian dimasukan di air hangat. Selanjutnya telur digosok memakai amplas agar ketika digarami cepat meresap. Setelah itu telur satu persatu dibungkus memakai adonan," katanya.[]

UKMBantulTelur Asin

 

 

Baca Juga