Selasa, 24 Juli 2018 -

 

 

Turki Keluarkan Perintah Penangkapan 70 Orang Pendukung Gulen

Internasional  -  Kamis, 04 Januari 2018, 17:01 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Turki (assalamsumbar.com)

SOKSINEWS.COM, Jaksa Turki mengeluarkan perintah penangkapan untuk 70 orang, termasuk 58 tentara, dalam penyelidikan menyasar pendukung ulama Gulen, kata media pemerintah setempat pada Kamis (4/1).

Ulama Fethullah Gulen, yang bermukim di Amerika Serikat, dituduh oleh Ankara sebagai dalang percobaan kudeta pada Juli 2016.

Gerakan tersebut dipusatkan di Provinsi Konya, Turki tengah, dibarengi dengan upaya polisi melakukan serangan serentak di 27 provinsi lain, kata kantor berita Anadolu.

Dua belas dari 70 tersangka sebelumnya dikeluarkan dari angkatan bersenjata Turki, kata Anadolu.

Gerakan kepolisian menahan tersangka, yang dituduh memiliki hubungan dengan ulama Fethullah Gulen, dilakukan sejak kudeta gagal pada 15 Juli 2016, Gulen membantah terlibat dalam peristiwa tersebut.

Sejak saat itu, lebih dari 50.000 orang, termasuk ribuan petugas keamanan dan pegawai negeri sipil, dipenjara dan menunggu keputusan pengadilan, serta sekitar 150.000 orang dicopot atau diberhentikan dari pekerjaan mereka.

Kelompok hak asasi mengatakan bahwa tindakan keras tersebut merupakan upaya pemerintah dalam memanfaatkan keadaan untuk memberengus perbedaan pendapat.

Pemerintah mengatakan bahwa langkah tersebut diperlukan mengingat ancaman besar keamanan dihadapi Turki sejak kudeta gagal itu, yang menewaskan 250 orang.[]

Jaksa TurkiGulenAnkara

 

 

Baca Juga