Selasa, 18 Desember 2018 -

 

 

Breaking News! Gempa 4,1 SR Guncang Aceh Jaya

Nasional  -  Senin, 08 Januari 2018, 12:03 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi (Istimewa)

SOKSINEWS.COM, Gempa bumi berkekuatan 4.1 Skala Richter (SR) menguncang Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, Senin (8/1), pukul 09.30 WIB.

Fajri, tokoh muda Aceh Jaya, yang dihubungi di Calang, Senin (8/1), menuturkan, gempa terasa karena masih di awal kegiatan masyarakat, namun tidak membuat warga di pusat wilayah kota Aceh Jaya, panik karena gempa itu.

"Saya sendiri terasa sedikit, tapi tidak begitu kuat. Masyarakat di sini tidak ada yang panik, masih biasa saja beraktivitas hingga pasca gempa pagi ini,"sebutnya dihubungi melalui telepon selulernya.

Data yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berlokasi di 4.19 Lintang Utara (LU), 94.89 Bujur Timur (BT), atau berada di laut 91 kilometer barat daya Calang, Kabupaten Aceh Jaya, kedalaman 10 kilometer.

Gempa ini tidak dirasakan oleh warga di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, yang berjakar sekitar 90 kilometer dari arah timur Kota Calang itu, namun di Meulaboh masyarakat mengetahui gempa itu lewat jejaring sosial maupun komunikasi lewat telepon genggam.

Fajri menyampaikan, di daerahnya yang berada dekat dengan pantai kawasan pesisir barat selatan Aceh dengan panorama alam eksotis di sepanjang garis pantai, memiliki jalur evakuasi menuju lokasi pegunungan.

"Jalur evakuasi ada, banyak disediakan kalau kita melihat di lintasan untuk jalur evakuasi ketika ada ancaman bencana tsunami, bila ada gempa kuat. Tapi gempa pagi ini tidak berpotensi tsunami," katanya, seperti diberitakan Antara.[]

DaerahAceh JayaAcehGempa 41 SR

 

 

Baca Juga