Senin, 25 Juni 2018 -

 

 

Harga Menurun, Petani Bawang di Brebes Minta Bulog Serap Hasil Panen 

Ekonomi  -  Jumat, 12 Januari 2018, 16:54 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilsutrasi (edunews.id)

SOKSINEWS.COM, Para petani bawang dari Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, minta Bulog bisa menyerap hasil panen mereka karena harga bawang saat ini hanya Rp6.000-8.000 per kilogram.

"Gabungan petani bawang Brebes, meminta Bulog untuk segera menyerap bawang, karena sampai saat ini bawang merah semakin terpuruk dan pemerintah tidak bisa berbuat apa-apa," kata seorang pengunjuk rasa, Sumarso di depan Kantor Bulog Tegal, Jumat (12/1).

Menurutnya harga yang tidak menguntungkan bagi petani itu sudah terjadi sepanjang tahun 2017, meskipun panen mereka banyak, namun harga terus anjlok.

Sehingga para petani tentu dirugikan dengan terus menurunnya harga, padahal kata Sumarso petani sudah susah payah agar negara bisa swasembada bawang merah.

"Ketika harga bawang mahal, yang mensejahterakan petani, pemerintah langsung mengimpor bawang dan harga menjadi jatuh," tuturnya, seperti dilansir Antara.

"Namun ketika harga bawang rendah seperti sekarang ini, mereka malah saling lempar tanggungjawab dan tidak mau turun langsung, padahal kita juga rakyatnya," ujarnya.

Dia menagih janji pemerintah yang akan mensejahterakan para petani, namun kenyataan berbeda, ketika harga sedang memihak petani mereka langsung impor.

"Mana janji para pemerintah, sedangkan saat ini sudah swasembada, namun petani malah sejahtera," keluhnya.

Sementara itu petani bawang lain, Sumarjo mengatakan saat ini tidak ada yang melirik panennya, padahal harganya juga murah, tapi tidak ada yang mau membeli.

"Ya jadi banyak yang busuk, karena bawang kan tidak bisa bertahan lama," katanya.

Menurutnya saat ini harga bawang merah yang bagus hanya laku Rp8.000 per kilogram dan yang biasa sekitar Rp6.000.

Tentu dengan harga tersebut lanjut Sumarjo petani merugi, karena itu tidak bisa mengembalikan modal tanam yang per kilogram bisa mencapai Rp12.000.

"Semestinya harga bawang yang bisa mensejahterakan petani itu Rp15.000 per kilogramnya," katanya lagi.[]

PetaniBawang MerahBrebesJawa Tengah

 

 

Baca Juga