Rabu, 17 Oktober 2018 -

 

 

Dijadwalkan Lakukan Kunker ke Sumut, Menkeu Pantau Penyaluran Kredit Ultra Mikro dan Insfratruktur 

Ekonomi  -  Senin, 15 Januari 2018, 17:52 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Menteri Keuangan Sri Mulyani (optidaily.com)

SOKSINEWS.COM, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Belawan, Medan, dan Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara pada 16-17 Januari 2018.

"Menkeu meninjau penyaluran kredit ultra mikro atau UMi dan proyek strategis infrastruktur di Sumut," ujar pejabat Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan Agung Ardhianto di Medan, Senin (15/1).

Menurut Kabag Manajemen Hubungan Media, Kelembagaan Masyarakat dan Protokol, Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan itu, Menkeu dijadwalkan tiba di Bandara Kualanamu, Selasa (16/1) sekitar pukul 14.00 WIB.

Dari Bandara Kualanamu, Menkeu dijadwalkan langsung ke Belawan menyaksikan pengucuran kredit UMi ke usaha sektor perikanan oleh Pegadaian dan Penanaman Modal Madani.

Pada Rabu, Menkeu dijadwalkan melihat proyek "double track" Kereta Api Indonesia (KAI) sekitar pukul 10.30 WIB dan dilanjutkan meninjau pembangunan jalur kereta api dan Pelabuhan Kualatanjung di Kabupaten Batubara.

Usai dari Pelabuhan Kualatanjung, Menkeu dijadwalkan langsung ke Pelabuhan Belawan.

"Jadwal Menkeu memang cukup padat di Sumut pada Selasa dan Rabu," kata Agung.

Sementara itu Kepala Pusat Investasi Pemerintah Kementerian Keuangan Syahrir Ika mengatakan fasilitas pinjaman atau kredit kepada segmen usaha sangat kecil (ultra mikro) di Sumut awal 2018 itu akan dikucurkan.kepada usaha sektor perikanan di kawasan Belawan.

Program UMi mengolaborasi program-program pembiayaan UMKM seperti program pembiayaan nelayan pada Kementerian Kelautan dan Perikanan, KUBE dan e-Warong pada Kementerian Sosial, pembiayaan petani dan perkebunan rakyat pada Kementerian Pertanian, dan penguatan kapasitas Koperasi pada Kementerian Koperasi dan UKM.

Dalam menjalankan program UMi, Pemerintah menunjuk Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang merupakan Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Keuangan untuk berperan sebagai koordinator dana (coordinated fund) yang bertugas menghimpun dana dan menyalurkan dana kepada usaha produktif melalui Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB).[]

Menteri KeuanganSri MulyaniMedan Sumatera Utara

 

 

Baca Juga