Sabtu, 24 Februari 2018 -

 

 

Sebuah Ledakan Guncang Kota Kecil Atareb di Aleppo Barat

Internasional  -  Rabu, 31 Januari 2018, 09:03 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi (Reuters)

SOKSINEWS.COM, Satu ledakan ditujukan kepada rombongan militer Turki di pinggir barat Provinsi Aleppo di Suriah Utara pada Selasa (30/1).

satu kelompok pemantau mengatakan, ledakan tersebut mengguncang Kota Kecil Atareb di Aleppo Barat, saat kendaraan militer Turki dijadikan sasaran, kata Observatorium Suriah bagi Hak Asasi Manusia.

Pengemudi kendaraan itu, warga negara Turki, tewas, tambah Observatorium tersebut.

Kelompok pengamat yang berpusat di Inggris itu menyatakan rombongan militer Turki tersebut sedang melaksanakan instruksi siaga tunggu untuk bergerak ke arah Daerah Eis di pinggir selatan Aleppo, tempat Turki sedang mengkonsolidasikan posisi.

Pada Selasa pagi, Observatorium itu --yang menyatakan organisasi tersebut mengandalkan jaringan pegiat di lapangan, mengatakan pasukan pro-Pemerintah Suriah telah mengincar jalut rombongan militer Turki di Aleppo Selatan.

Seperti dilansir dari Xinhua, rombongan militer Turki sedang bergerak ke arah Kota Kecil Eis ketika pasukan pro-Pemerintah Suriah menyerangnya, Akibat serangan tersebut, kendaraan militer Turki dan pasukan yang menyertainya mundur ke sisi barat Aleppo, kata Observatorium.

Rombongan tesebut adalah rombongan terbesar militer Turki yang memasuki wilayah negeri itu sejak pasukan Turki dan gerilyawan Suriah sekutunya melancarkan serangan untuk mengusir milisi Kurdi di Suriah Utara 10 hari sebelumnya.

Belum ada konfirmasi dari Damaskus mengenai serangan terhadap rombongan militer Turki di Aleppo, tapi Pemerintah Suriah telah memperingatkan Damaskus akan menanggapi serangan Turki terhadap wilayah Afrin, yang dikuasai Suku Kurdi, di pinggir utara Aleppo.

Pegiat lain menyatakan rombongan militer Turki yang terdiri atas 55 kendaraan masih ditahan di pinggir barat Aleppo oleh pasukan pro-Pemerintah Suriah.[]

TurkiLedakanAleppo

 

 

Baca Juga