Selasa, 19 November 2019

 

 

Ekonomi UMKM

Wow! Tepung Kelapa Sulut Makin Diminati di Italia

Sunardi Panjaitan
Senin, 19 Februari 2018 11:39 WIB

Wow! Tepung Kelapa Sulut Makin Diminati di Italia
Tepung Kelapa (Ilustrasi)

SOKSINEWS.COM, Italia menjadi salah satu negara yang makin meminati produk tepung kelapa asal Sulawesi Utara. Hal ini terlihat dari permintaan negara tersebut cukup tinggi.

"Pada bulan Februari 2018, Sulut telah mengekspor tepung kelapa ke Italia 25 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 53.750 dolar Amerika Serikat," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Jenny Karouw di Manado, Senin (19/1).

Jenny mengatakan tepung kelapa yang diekspor ke Italia merupakan kualitas baik.

"Italia sebelumnya hanya melakukan permintaan produk turunan pala yakni biji pala dan bunga pala, tapi kali ini sudah merambah ke produk turunan kelapa," jelasnya.

Pengekspor, katanya, harus jeli menangkap peluang tersebut sehingga semakin banyak pendapatan devisa negara.

Tepung kelapa, katanya, merupakan produk turunan dari kelapa yang diproses sedemikian rupa sehingga menjadi bahan makanan untuk membuat kue, roti dan sebagainya.

Sehingga pemerintah terus mengingatkan agar pengekspor Sulut dapat menjaga akses pasar yang sudah tercipta tersebut. Dengan demikian, diharapkan pasar akan merambah ke negara tetangga lainnya di Eropa, Asia, Amerika dan Afrika lebih besar lagi.

Pembeli internasional jika sudah memutuskan membeli suatu produk, menurut dia, berarti telah melewati berbagai tahapan seleksi.

"Pasar internasional memilih tepung kelapa Sulut berarti kualitasnya sudah teruji dan diharapkan dapat dipertahankan ataupun lebih ditingkatkan," katanya.

Pemerintah berharap agar produk turunan kelapa yang diekspor bukan hanya tepung kelapa. Tapi bisa lebih banyak lagi diversifikasinya karena mampu memberikan nilai tambah yang lebih besar.

Dia mengatakan, ada puluhan negara tujuan tepung kelapa Sulut, diantaranya adalah Jerman, Rusia, Tiongkok, Inggris, Belanda, Selandia Baru, Italia, Mesir, Slovenia, Brasil, Australia, Belgia, Uruguay, Amerika Serikat, Korea. Kemudian ke Austria, Afrika Selatan, Hongkong, Taiwan, Uni Arab Emirat, Lithuania, Argentina, Angola, Hungaria, NOrwegia, Kasakztan, Polandia, Georgia, Portugal, Latvia, dan Yunani.[]

Berita Lainnya

Pengusaha Dorong Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Xinjiang

SOKSINEWS.COM, Pengusaha Indonesia mendorong pemerintah untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah Xinjiang, daerah otonomi di . . .

Ekonomi Senin, 18 November 2019

Langkah Pertamina Tambah Pasokan Soalr Dinilai Positif

SOKSINEWS.COM, Pengamat ekonomi Universitas Mataram Firmansyah mendukung penuh langkah Pertamina menambah pasokan solar di berbagai . . .

Ekonomi Senin, 18 November 2019

Dewan Pengupahan Bekasi Sepakat UMK 2020 Capai Rp 4 Juta Lebih

SOKSINEWS.COM,  Dewan Pengupahan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyepakati besaran Upah Mininum Kabupaten (UMK) setempat . . .

Ekonomi Sabtu, 16 November 2019

Ratusan Warga Pesisir Kota Kupang Ajukan Pinjaman Uang Lewat Fintech

SOKSINEWS.COM,  Sekitar 200 warga pesisir di Kota Kupang telah mengajukan pinjaman uang memanfaatkan layanan akses keuangan . . .

Ekonomi Sabtu, 16 November 2019

Dubes Jepang Temui Luhut Bahas Kerja Sama Peningkatan Ekspor

SOKSINEWS.COM, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii menemui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut . . .

Ekonomi Jumat, 15 November 2019