Jumat, 19 Juli 2019 -

 

 

Misbakhun: Perry Warjiyo Pilihan Terbaik Pimpin BI, Golkar Akan Kawal 

Ekonomi  -  Selasa, 06 Maret 2018, 09:56 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun. (Foto: misbakhun.com).

SOKSINEWS.COM, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Mukhammad Misbakhun menilai calon Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo adalah pilihan terbaik dari Presiden Joko Widodo sehingga perlu dikawal.

"Fraksi Partai Golkar akan mengawal calon Gubernur BI pada saat dilakukan uji kelayakan dan kepatutan di DPR RI," kata Mukhammad Misbakhun di Jakarta, Selasa (6/3).

Menurut Misbakhun, Presiden Joko Widodo memilih Perry Warjiyo dari empat nama kandidat yang diusulkan kepada Presiden, tentu melalui berbagai pertimbangan.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI, Johny G Plate mengatakan Fraksi Partai Nasdem berharap Gubernur BI pengganti Agus Martowardojo memiliki akses dan relasi luas dengan para gubernur bank sentral di negara-negara lainnya.

"Gubernur BI harus punya relasi internasional yang baik dan memiliki akses dengan gubernur bank sentral di negara lainnya, terutama di ASEAN, Amerika, dan Eropa," kata Johny G Plate.

Menurut dia, Komisi XI DPR RI akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Gubernur BI, pengganti Agus Martowardojo, pada masa persidangan saat ini.

"Karena Agus Martowardojo akan memasuki masa pensiun pada Mei mendatang," katanya.

Anggota Komisi XI DPR RI ini menjelaskan Komisi XI pada pekan ini akan melakukan rapat internal untuk menyusun jadwal kegiatan Komisi, termasuk uji kelayakan dan kepatutan terhadap Gubernur BI.

Komisi XI, kata dia, juga akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Deputi Gubernur BI, yang kemungkinan akan dilakukan lebih dulu.

"Terhadap calon Gubernur BI, Fraksi Partai Nasdem akan memberikan sikapnya secara murni dan independen, pada uji kelayakan dan kepatutan," katanya.

Johny menambahkan, calon Gubernur BI yang diusulkan Presiden Joko Widodo, yakni Perry Warjiyo, adalah sosok yang layak dan kompeten untuk melanjutkan tugas Agus Martowardodjo sebagai Gubernur BI.[]

DPR RIMukhammad MisbakhunBIPerry Warjiyo

 

 

Baca Juga