Senin, 17 Desember 2018 -

 

 

KONI Tinjau Kesiapan Sumut Jadi Tuan Rumah PON XXI

Olahraga  -  Selasa, 06 Maret 2018, 15:48 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi gedung KONI Pusat. (foto istimewa)

SOKSINEWS.COM, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat melakukan peninjauan terhadap sejumlah sarana olahraga di Sumatera Utara terkait keinginan daerah itu menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional XXI tahun 2024 bersama Aceh.

"Selaku tim penilai dan verifikasi PON sengaja datang langsung ke daerah yang mengajukan diri sebagai tuan rumah PON XXI/2024 terutama untuk meninjau kesiapan venue yang ada," kata Wakil Ketua KONI pusat Surya Dharma di Medan, Selasa (6/3).

Sebelumnya pihaknya juga sudah mengunjungi Aceh dan melihat langsung sejumlah venue yang akan dijadikan sebagai tempat pertandingan cabang olahraga nantinya dan secara fisik venue-venue tersebut 70 persen sudah memenuhi syarat.

Dan kali ini pihaknya datang ke Sumatera Utara untuk melakukan hal yang sama yakni meninjau sejumlah venue di provinsi itu yang memang berniat dengan Aceh menjadi tuan rumah PON bersama.

"Secara fisik itu tugas kami untuk melihat dari dekat kesiapan calon tuan rumah. Hari ini kami melihat Sumut, saya melihat potensinya sangat besar, demikian juga semangatnya sangat besar, apalagi pemerintah daerahnya sangat mendukung," katanya, seperti dilansir dari kantor berita Antara.

Sementara Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan, untuk memenuhi keinginan menjadi tuan rumah PON, sementara ini pihaknya sudah menyiapkan menyiapkan 28 venue cabang olahraga di enam kabupaten dan kota yakni Medan, Binjai, Langkat, Tebing Tinggi, Deliserdang, dan Simalungun.

Adapun 28 cabang yang akan diverifikasi, akuatik (renang dan renang indah), atletik, balap sepeda, bermotor, bola voli, bulutangkis, boling, futsal, gateball, hoki, senam, wushu (Unimed dan Sport Centre jalan Willem Iskandar).

Kemudian Cricket (Stadion Pardede), Drum Band, pencak silat (komplek Stadion Baharoeddin Siregar), taekwondo (komplek Cemara Asri).

Selanjutnya polo air dan lompat indah di kolam renang Selayang, Gate Ball, Barongsai ( USU), Biliar (Pardede Hall), Catur (Emerald Garden), Karate (Gelanggang Remaja), Petanque (STOK Binaguna).

Squash (Hotel Danau Toba), tinju (GOR Angkasapura Polonia), Gulat (GOR Binjai), Tenis Meja (GOR Asber Nasution Tebing tinggi), Jetski/IJBA, Ski Air (Parapat), dan Kabaddi (GOR Langkat).

"Hari ini tim verifikasi akan meninjau langsung sejumlah venue tersebut selama beberapa hari kedepan," katanya.[]
 

KONIPON XXISurya Dharma

 

 

Baca Juga