Senin, 10 Desember 2018 -

 

 

PBB desak Masyakarat Internasional Beri Dukungan Lebanon Tangani Pengungsi 

Internasional  -  Kamis, 08 Maret 2018, 09:31 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Komisaris tinggi PBB urusan pengungsi (UNHCR) Filippo Grandi

SOKSINEWS.COM, Komisaris tinggi PBB urusan pengungsi Filippo Grandi serukan masyarakat internasional agar memberi dukungan lebih besar buat Lebanon dalam membantu menyelesaikan masalah pengungsi.

Komentar itu dikeluarkan Filippo Grandi, setelah pertemuannya dengan Perdana Menteri Lebanon Saad Al-Hariri pada Rabu malam, kata satu pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor media perdana menteri Lebanon tersebut.

"Sayangnya, situasi di Suriah terus sulit diatasi, dan kita mengetahui sebagian besar pengungsi Suriah berada di Lebanon," kata pernyataan itu, yang mengutip Grandi.

Ia juga merujuk kepada konferensi mendatang di Roma, Prais dan Brussels sebagai kesempatan untuk "menyeru masyarakat internasional, terutama masyarakat donor, agar mendukung Lebanon".'

"Lebanon memiliki jumlah paling tinggi per kapita pengungsi di dunia." kata Grandi seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (8/3).

Pada hari yang sama Presiden Lebanon Michel Aoun menyeru masyarakat internasional agar memfasilitasi kepulangan bertahap warga Suriah yang mengungsi ke daerah aman di Suriah, kata National News Agency (NNA).

Aoun bertemu dengan Grandi, dan selama pertemuan itu ia mengatakan Lebanon tak lagi mampu memikul beban pengungsi Suriah. Presiden Lebanon tersebut mendesak dilancarkan upaya internasional guna memfasilitasi kepulangan bertahap para pengungsi itu ke daerah aman di Suriah.

Sementara itu Grandi memberi penjelasan kepada Aoun mengenai kegiatan UNHCR di Lebanon, terutama yang berkaitan dengan pengungsi Suriah, dan menyampaikan penghargaan atas "kepedulian dan perhatian yang diberikan kepada pengungsi Suriah oleh Lebanon".

Dalam kesempatan lain, Mouin Merhebi Menteri Urusan Pengungsi Lebanon yang juga menghadiri pertemuan antara Saad Al-Hariri dan Grandi mengatakan seruan Grandi sangat penting guna memelihara masyarakat penampung.[]
 

PBBFilippo GrandiLebanonPengungsi

 

 

Baca Juga