Senin, 10 Desember 2018 -

 

 

PBB Pelopori Kegiatan Perdamaian di Libya 

Internasional  -  Jumat, 09 Maret 2018, 09:12 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

PBB (Internet)

SOKSINEWS.COM, PBB dibawah pengawasan Misi Pendukung PBB di Libya (UNSMIL) pelopori kegiatan perdamaian untuk Libya.

Satu kelompok perempuan Libya menyelenggarakan kegiatan tersebut di bawah pengawasan Bagian Pemberdayaan dan Pendukung UN Women, kegiatan yang menyeru perempuan agar memberi sumbangan bagi perdamaian di Libya.

"Hari ini berfungsi sebagai pengingat bahwa peran perempuan dalam urusan masyarakat tidak kurang penting dibandingkan dengan peran lelaki, bahkan lebih besar, peran mereka terhormat," kata Kepala Misi itu Ghassan Salame, selama kegiatan peluncuran, yang bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional.

"Perempuan lebih mungkin untuk berkomitmen pada keamanan dan sedikit kemungkinan untuk melanggarnya. Suara perempuan Libya melawan penyebaran senjata secara mengerikan harus didengar, sebab mereka yang paling terpengaruh oleh konflik dan penyebaran senjata," kata Salame.

"Saya datang ke sini untuk meminta bantuan kalian, sebab saya percaya peran perempuan dalam menyelesaikan konflik dan mengakhiri penderitaan tak diragukan. Pembangunan bangsa memerlukan hidup dalam harmoni bukan hanya hidup dalam perdamaian sipil," tambah Salame.

Sebagaimana dilaporkan Xinhua yang dilansir, Jumat (9/3) koordinator kegiatan tersebut, Karima Rajab, menekankan peran perempuan dalam hidup berdampingan, ita mengandalkan dukungan lelaki untuk mewujudkan keikut-sertaan dan kesetaraan.

Satu kelompok perempuan Libya berkumpul di Swiss pada November 2015 untuk Konferensi Rencana Aksi bagi Perdamaian Perempuan Libya, dengan penajaan Kementerian Urusan Luar Negeri Swiss, Kantor Regional UN Women di Negara Arab, dan Bagian Pemberdayaan Perempuan di UNSMIL.

Konferensi tersebut menyediakan "ruang aman buat perempuan Libya --yang setuju untuk datang dan bertemu pada saat yang sangat sulit di Libya guna membahas peran penting mereka dalam pembangunan perdamaian dengan cara yang transparan", kata Misi PBB itu.[]

PBBLibyaPerdamaian

 

 

Baca Juga