Senin, 24 September 2018 -

 

 

Peserta UNBK Tingkat SMP di Mataram Meningkat 

Nasional  -  Selasa, 13 Maret 2018, 13:30 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi (malangtoday.net)

SOKSINEWS.COM, Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram H Sudenom mengatakan jumlah sekolah yang menjadi peserta ujian nasional berbasis komputer tingkat SMP/MTs tahun ini meningkat dari enam sekolah menjadi 24 sekolah.

"Jumlah sekolah menjadi pelaksana ujian nasional berbasis komputer (UNBK) meningkat pesat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya enam sekolah," katanya kepada sejumlah wartawan di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa (13/3).

Menurutnya, tinggi jumlah sekolah yang menjadi peserta UNBK tahun pelajaran ini karena beberapa SMP/MTs negeri/swasta yang bekerja sama dengan SMA/SMK terkedat yang memiliki fasilitas UNBK.

Misalnya, SMPN 12 Mataram menggunakan fasilitas SMA 6 Mataram, begitu juga dengan beberapa sekolah lainnya. Hal ini tergantung dari komunikasi kepala sekolah dalam membangun hubungan kerja sama dengan SMA/MA pelaksana UNBK.

"Secara aturan, teknis pelaksanaan UNBK seperti itu diperbolehkan bahkan diajurkan oleh pemerintah sebab kita tidak memiliki alokasi anggaran khusus untuk pengadaan insfrastruktur UNBK," katanya, dikutip Antara.

Dikatakan, para siswa SMP/MTs peserta UNBK telah melakukan "try out" dan serta persiapan-persiapan lainnya, sehingga persiapan peserta UNBK dapat dikatakan tinggal menunggu waktu pelaksanaan.

"Untuk persiapan infrastruktur berupa server, proktor dan lainnya Alhamdulilla tidak ada masalah," katanya.

Lebih jauh, Sudenom menyebutkan sebanyak 24 sekolah pserta UNBK tahun ini antara lain, SMPN 13 Mataram, SMPN 2 Mataram, SMPN 18 Mataram, SMPN 12 Mataram, SMP Muhammadiyah Mataram, SMP Kristen Tunas Daut, dan SMP Darul Hikmah.

Sedangkan untuk MTs antara lain, MTs Negeri 1-3 Mataram, MTs NW Mataram, MTs Darul Aman Tegal, MTs Nurul Jannah NW Ampenan, dan MTs Tarbiatul Qurro.

"Jumlah peserta UNBK secara keseluruhan sebanyak 3.439 orang, terbagi menjadi dua yakni 925 orang peserta tingkat MTs dan 2.514 peserta tingkat SMP," sebutnya.

Sementara sekolah peserta ujian nasional kertas pensil (UNKP) tercatat sebanyak 42 sekolah, terdiri atas SMP negeri/swasata 29 dan 13 MTs swsata, dengan total peserta sebanyak 4.509 orang.

"Dengan demikian, jumlah peserta ujian nasional tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 7.948 orang, baik yang ikut UNBK maupun UNKP," katanya.[]

Kadis MataramH SudenomUNBK

 

 

Baca Juga