Minggu, 08 Desember 2019

 

 

Teknologi

Kemkominfo Tindak Tegas Penyalahgunaan Data Pribadi Registrasi Ulang Kartu Seluler

Ahmad Fiqi Purba
Selasa, 13 Maret 2018 14:37 WIB

Kemkominfo Tindak Tegas Penyalahgunaan Data Pribadi Registrasi Ulang Kartu Seluler
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. (Istimewa)

SOKSINEWS.COM, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menindak tegas pelaku penyalahgunaan data pribadi masyarakat untuk registrasi ulang kartu seluler.

"Pemerintah tidak mentoleransi penyalahgunaan dari identitas pribadi yang ada di masyarakat. Sama penegak hukum, tunggu saja," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Jakarta, Selasa (13/3). 

Pelaku penyalahgunaan data identitas pribadi dapat dijerat Undang-Undang Nomor 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan dengan sanksi pidana penjara paling lama dua tahun dan atau denda paling banyak Rp25 juta.

Selain itu juga dapat dikenakan UU ITE dengan ancaman pidana penjara maksimal enam tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar.

"Itu bisa digunakan sebelum ada UU perlindungan data pribadi, tetapi kita juga prosesnya mendidik tidak bisa asal tegakkan hukum, nomor satu biar bagaimanapun pemerintah mengedepankan pendekatan lunak, mengedukasi mendidik dan mengingatkan," tutur Rudiantara.

Ia menegaskan semua pihak yang terlibat dalam proses registrasi ulang kartu seluler harus bersih dan tidak boleh ada yang main-main.

Rudiantara juga menjamin tidak ada kebocoran data karena Kemkominfo tidak pernah memegang data pelanggan seluler.

Operator pun tidak memiliki data pribadi pelanggan, melainkan hanya melakukan verifikasi dan validasi data yang diregistrasi pelanggan dengan data kependudukan dari Ditjen Dukcapil Kemdagri.

"Sudah dikasih tahu tidak ada. Yang mungkin ada penyalahgunaan identitas yang ada di luar, di dunia maya dipakai untuk registrasi," kata Menkominfo.[]
 

Berita Lainnya

Kominfo Siapkan Strategi Jasa Logistik Dorong Ekonomi Digital

SOKSINEWS.COM, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan . . .

Teknologi Senin, 28 Oktober 2019

Pabrik Esemka di Demangan Boyolali Terus Produksi

SOKSINEWS.COM, Pabrik otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa . . .

Teknologi Rabu, 09 Oktober 2019

Toyota Segera Luncurkan Prius Phev Awal 2020

SOKSINEWS.COM, PT Toyota Astra Motor akan meluncurkan Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) pada triwulan pertama . . .

Teknologi Rabu, 02 Oktober 2019

Rudiantara: Keamanan Siber Perlu Satu Kebijakan Untuk Kawasan Asean

SOKSINEWS.COM, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan keamanan siber di ASEAN perlu satu kebijakan . . .

Teknologi Kamis, 19 September 2019

Jokowi Ingin Dukung Pengembangan Otomotif Nasional Esemka

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ingin mendukung pengembangan otomotif nasional, sehingga mau meresmikan . . .

Teknologi Jumat, 06 September 2019