Minggu, 08 Desember 2019

 

 

Ekonomi

Menhub Tegaskan Kendali Aplikator Taksi Daring Dipegang Kemenkominfo 

Ahmad Fiqi Purba
Rabu, 14 Maret 2018 16:41 WIB

Menhub Tegaskan Kendali Aplikator Taksi Daring Dipegang Kemenkominfo 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (ISTIMEWA)

SOKSINEWS.COM, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan bahwa kendali terhadap aplikator taksi daring berada di tangan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Kontrol itu tidak ada di kita, kontrol terhadap aplikator ada di Kemenkominfo," kata Budi usai pembukaan Rapat Koordinasi Teknis Perhubungan Darat 2018 di Jakarta, Rabu (14/3). 

Karena itu, pihaknya tidak bisa menjamin, yang bisa memberikan jaminan aplikator tunduk dan patuh terhadap pemberlakuan moratorium perekrutan pengemudi taksi daring, yaitu di Kemenkominfo.

"Saya hanya bisa mengatakan Insya Allah karena kontrol itu tidak ada di kita, marilah kita berpikir positif. Leading sektor aplikator itu Menkominfo, kami melaksanakan di sektor riilnya," katanya, dikutip Antara.

Budi menjelaskan bahwa dengan diberlakukannya moratorium agar pengemudi terlindungi dengan adanya persaingan yang tidak sehat karena terlalu banyak pengemudi yang mendaftar di berbagai aplikator, akibatnya terlalu banyak dan sulit mendapatkan penumpang.

"Banyak pengemudi yang pendapatannya kurang, bukankah aplikator dengan adanya transportasi `online' ingin penghidupan yang lebih baik, ruang pendapatan yang lebih baik," katanya.

Menurut dia, apabila tidak dilakukan moratorium, maka tujuan awalnya yang ingin memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat akan berubah.

"Makanya melakukan pembatasan ini bukan melukai hati pengemudi tapi kita minta toleransi minta juga konsistensi dari aplikator untuk melaksanakan," katanya.

Budi mengatakan moratorium akan diberlakukan dalam waktu satu bulan, kemudian akan dievaluasi.[]

Berita Lainnya

Wamenlu: Perusahan AS Berkomitmen Investasi Lebih Besar di RI

SOKSINEWS.COM, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar mengungkapkan bahwa sejumlah perusahaan Amerika Serikat yang beroperasi . . .

Ekonomi Kamis, 05 Desember 2019

BI Dorong Hilirisasi Rumput Laut Tingkatkan Daya Saing Ekspor

SOKSINEWS.COM, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan (KPw BI Sulsel)  mendorong program hilirisasi rumput laut . . .

Ekonomi Kamis, 05 Desember 2019

OJK Imbau Masyarakat Sulut Waspadai Investasi Bodong

SOKSINEWS.COM, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara Slamet Wibowo mengimbau seluruh . . .

Ekonomi Kamis, 05 Desember 2019

Presiden Harap Pengusaha AS Optimalkan Peluang Bisnis di RI

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo berharap para pengusaha Amerika Serikat mengoptimalkan peluang bisnis di negara-negara ASEAN . . .

Ekonomi Kamis, 05 Desember 2019

Mobile Banking Bank Nagari Permudah Nasabah Monitor Rekening

SOKSINEWS.COM, Layanan Mobile Banking dari PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Barat dapat dimanfaatkan oleh para nasabah . . .

Ekonomi Rabu, 04 Desember 2019