Senin, 10 Desember 2018 -

 

 

Pasokan Melimpah, Harga Cabai Rawit di Sumenep Alami Penurunan Rp15 Ribu/Kg

Ekonomi  -  Senin, 19 Maret 2018, 11:16 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi (ISTIMEWA)

SOKSINEWS.COM, Harga cabai rawit merah biasa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (19/3), turun dibanding pertengahan pekan lalu dari Rp50 ribu per kilogram menjadi Rp35 ribu.

"Pasokan cabai rawit dari distributor (Surabaya) ke pedagang di Sumenep lancar dan cenderung melimpah. Kondisi tersebut yang membuat harga komoditas tersebut turun," kata Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep, Senin (19/3).

Sebelumnya pada pertengahan pekan lalu, harga cabai kecil di Sumenep juga turun dari Rp60 ribu per kilogram menjadi Rp50 ribu.

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding.

Selain cabai kecil, harga komoditas lainnya yang turun pada Senin ini sebagaimana laporan dari staf Disperindag Sumenep adalah kentang dan buncis.

Harga kentang yang pada pertengahan pekan lalu Rp13 ribu per kilogram itu turun menjadi Rp12 ribu dan buncis dari Rp9 ribu menjadi Rp8 ribu.

Sementara harga komoditas lainnya terpantau stabil, di antaranya beras pada kisaran Rp10 ribu hingga Rp11.200 per kilogram, gula pasir Rp11 ribu, minyak goreng curah Rp12 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu.

Harga sejumlah jenis daging juga tetap, yakni daging sapi Rp110 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp75 ribu, dan daging ayam broiler Rp30 ribu.[]

CabaiSumenep MaduraJawa Timur

 

 

Baca Juga