Sabtu, 20 Oktober 2018 -

 

 

Hamparan Ilalang Pulau Diyonumo Tarik Minat Wisatawan

Hiburan  -  Kamis, 29 Maret 2018, 09:25 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Pulau Diyomuno Gorontalo Utara. (indonesiakaya.com)

SOKSINEWS.COM, Provinsi Gorontalo tidak hanya terkenal dengan kuliner khasnya yang menggugah selera, namun daerah itu juga memiliki deretan obyek wisata dengan pemandangan alam indah yang wajib untuk disinggahi.

Salah satunya dikabupaten Gorontalo Utara yang merupakan kabupaten termuda di Gorontalo memiliki pulau Diyonumo sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang masih jarang dikunjungi. Pulau ini menyimpan keindahan yang tidak kalah cantik dengan wisata lain di Gorontalo, pulau itu terletak di Desa Deme, Kecamatan Sumalata. Pulau tersebut dikenal dengan hamparan hijau bukit ilalang.

Rezka Apriyanto, salah seorang pengunjung asal Kota Gorontalo, mengatakan pulau Diyonumo sangat berbeda dengan pulau lainnya yang ada di Gorontalo, karena ilalang yang hijau.

"Saya sangat tertarik untuk berkunjung ke pulau Diyonumo karena uniknya hamparan ilalang yang ada di puncak gunung dari pulau tersebut, dan tentunya ini terjaga dengan baik," jelasnya.

Ia menambahkan, dari puncak pulau Diyonumo para wisatawan bisa menikmati pemandangan degrasi laut yang ada di sekitar pulau.

Sementara itu, Bayu, pengunjung lainnya mengatakan luasnya hamparan ilalang serta indahnya pemandangan di sekitar pulau sangat tepat untuk diabadikan dengan berwafoto bersama keluarga.

"Lokasi yang jauh membuat kami harus menempuh waktu selama tiga jam untuk bisa sampai ke Desa Deme II, Kecamatan Sumalata," tambahnya.

Setelah itu, wisatawan harus menyebrangi laut selama 15 menit dengan menggunakan perahu milik warga sekitar cukup dengan membayar Rp15 ribu/orang.

Bayu berharap, keunikan alam yang dimiliki oleh pulau Diyonumo dapat terus dijaga oleh warga setempat serta para wisatawan yang datang berkunjung.

"Saya berharap indahnya ilalang dan pantai di pulau Diyonumo dapat sama-sama dijaga dengan cara tidak membuang sampah sembarangan ataupun melakukan perusakan seperti menginjak ilalang hingga mati," harapnya.

Atau juga harus diawasi secara ketat, bisa saja warga membakar ilalang itu hanya karena untuk membuka lahan baru dan sebagainya.[]

TravelingGorontaloGorontalo UtaraPulau Diyomuno

 

 

Baca Juga