Selasa, 04 Agustus 2020

 

 

Ekonomi Infrastruktur

Pemprov Jateng Tingkatkan Sinergi Percepat Pembangunan Tol Laut

Ahmad Fiqi Purba
Selasa, 03 April 2018 09:46 WIB

Pemprov Jateng Tingkatkan Sinergi Percepat Pembangunan Tol Laut
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono. TRIBUNJATENG

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meningkatkan sinergi dengan berbagai pihak untuk mempercepat pembangunan tol laut yang melintas di daerah setempat.

"Kami siap bersinergi dengan pemerintah pusat, dan pemerintah kabupaten/kota serta dinas-dinas dan para pemangku kepentingan terkait, baik dari dinas perhubungan, kelautan, hingga perdagangan dan industri guna mempercepat pembangunan tol laut," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono di Semarang, Selasa (3/4).

Ia menjelaskan bahwa tol laut merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan salah satu dari lima pilar kemaritiman Indonesia yaitu pembangunan infrastruktur dan konektivitas antarpulau yang membantu menumbuhkan perekonomian masyarakat, khususnya di daerah pesisir.

Menurut dia, lima pilar pembangunan poros kemaritiman salah satunya adalah konektivitas dengan cara membangun tol laut sehingga kelancaran distribusi barang dari satu wilayah ke wilayah lain ini akan mendapat dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi berbagai pihak.

"Adanya tol laut akan dapat mengentaskan kemiskinan terutama di daerah pesisir, mengingat 67 persen warga miskin di Jawa Tengah berada di wilayah pedesaan dan pesisir," ujarnya, dikutip Antara.

Mantan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jateng itu menegaskan, pihaknya terus berkomitmen dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat di daerah pesisir dengan akan mengoptimalkan program Kartu Nelayan pada 2018.

"Kartu tersebut akan memberikan stimulus bagi nelayan dan masyarakat pesisir dalam mendapatkan permodalan dan peningkatan sumber daya manusia sehingga kesejahteraan meningkat," katanya.[]

Berita Lainnya

Bandara Semarang Layani Penerbangan Terbatas Saat Pandemi COVID-19

SOKSINEWS.COM, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Kota Semarang, Jawa Tengah, mulai melayani penerbangan sejumlah maskapai . . .

Ekonomi Sabtu, 09 Mei 2020

Kemenkeu Ungkap Ruangguru Paling Banyak Dipilih Peserta Prakerja

SOKSINEWS.COM, Kementerian Keuangan mengungkap mitra Kartu Prakerja yakni Ruangguru menjadi kanal digital yang paling banyak dipilih . . .

Ekonomi Jumat, 08 Mei 2020

Sri Mulyani : Percepatan Bansos Tahan Penurunan Konsumsi Di Kuartal II

SOKSINEWS.COM, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan keputusan pemerintah untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial . . .

Ekonomi Jumat, 08 Mei 2020

Industri masih jadi penyumbang tertinggi pertumbuhan ekonomi kuartal I

SOKSINEWS.COM, Sektor industri masih memberikan kontribusi paling besar terhadap struktur produk domestik bruto (PDB) nasional . . .

Ekonomi Rabu, 06 Mei 2020

Kementan sebut bawang merah segera panen raya

SOKSINEWS.COM, Kementerian Pertanian menyatakan bahwa komoditas bawang merah yang kini harganya masih terpantau tinggi, akan segera . . .

Ekonomi Senin, 04 Mei 2020