Rabu, 25 April 2018 -

 

 

Rombongan Kedua Gerilyawan Tentara Islam Mengungsi dari Ghouta Timur

Internasional  -  Rabu, 04 April 2018, 09:18 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Bangunan yang hancur akibat pengeboman di Ghouta timur, pinggiran Damaskus, Suriah, Kamis (22/2).Foto: Ghouta Media Center via AP

SOKSINEWS.COM, Beberapa bus telah disiapkan pada Selasa (3/4) untuk membawa rombongan kedua gerilyawan Tentara Islam dan keluarga mereka dari Kabupaten Douma, daerah terakhir yang dikuasai gerilyawan di Ghouta Timur, Suriah.

Beberapa bus menunggu di tempat penyeberangan Wafideen di sebelah timur-laut Ibu Kota Suriah, Damaskus, untuk membawa rombongan kedua gerilyawan ke luar Kabupaten Douma, yang berdekatan, sehari setelah lebih dari 1.400 gerilyawan Tentara Islam dan keluarga mereka meninggalkan Kota Jarablus, yang dikuasai gerilyawan, di Suriah Utara di dekat perbatasan Turki.

Dikutip dari Xinhua, Rabu (4/4), pengungsian gerilyawan tersebut dan keluarga mereka dari Douma dilakukan setelah kesepakatan dicapai pada Ahad antara gerilyawan Tentara Islam dan militer Suriah di bawah penengahan Rusia.

Douma adalah daerah terakhir yang dikuasai gerilyawan di Ghouta Timur, setelah kota kecil lain di wilayah itu menyaksikan pengungsi semua gerilyawan dan keluarga mereka menuju Provinsi Idliba di bagian barat-laut Suriah.

Militer Suriah melancarkan operasi besar pada penghujung Februari terhadap gerilyawan di Ghouta Timur dan menjamin pengungsian 150.000 warga sipil yang ditampung di tempat penampungan yang dikelola pemerintah sampai situasi diselesaikan di daerah mereka di Ghouta Timur sehingga mereka bisa pulang.

Ghouta Timur, wilayah pertanian seluas 105 kilometer persegi yang terdiri atas beberapa kota kecil dan lahan pertanian, biasanya diduduki oleh beberapa kelompok gerilyawan, yang menimbulkan ancaman terakhir terhadap Ibu Kota Suriah, Damaskus. Gerilyawan di sana menembakkan bom ke dalam permukiman yang dikuasai pemerintah di Damaskus.[]
 

Goutha TimurSuriahInternasional

 

 

Baca Juga