Selasa, 21 Mei 2019 -

 

 

Kementerian Kelautan Sinergnikan Program Pendidikan dengan Kemendikbud

Nasional  -  Senin, 09 April 2018, 09:54 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Kementerian Kelautan Perikanan. ISTIMEWA

SOKSINEWS.COM, Kementerian Kelautan dan Perikanan perlu menyinergikan berbagai gagasan program pendidikan yang dimiliki Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, melalui penyelarasan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Terkait pendidikan, sebaiknya menjalin kerja sama dengan Kementerian Pendidikan," kata Direktur Eksekutif Pusat Kajian Maritim untuk Kemanusiaan, Abdul Halim, di Jakarta, Senin (9/4).

Menurut Abdul Halim, program pendidikan yang dimiliki Menteri Kelautan dan Perikanan jangan terlampau sederhana dan sebaiknya difokuskan kepada upaya ntuk menghidupkan usaha perikanan rakyat Nusantara.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ingin menyebarkan "google" atau kaca mata yang dipakai untuk berenang atau menyelam kepada masyarakat pesisir agar mereka dapat melihat keindahan sumber daya laut Nusantara.

"Mestinya para 'divers' (penyelam) bila ke daerah-daerah juga membawa 'google' ekstra," kata Menteri Susi di Jakarta, Rabu (28/3).

Menurut Susi Pudjiastuti, kaca mata renang ekstra itu seharusnya dibagikan gratis kepada warga terutama anak-anak di daerah tersebut.

Hal itu, ujar dia, agar mereka dapat menyelam dan melihat indahnya keragaman laut sehingga lebih tertarik untuk menjaga serta melestarikannya.

Dengan menimbulkan kesadaran terhadap keanekaragaman hayati, maka juga ada nilai-nilai pendidikan yang terserap oleh anak-anak itu.

Untuk itu, ia mengajak berbagai pihak untuk mengumpulkan kaca mata renang bekas untuk anak-anak di kawasan pesisir di Tanah Air.

"Berikan 'google' kepada warga agar mereka mengetahui bahwa isi laut bukan hanya komoditas saja," ucapnya.

Menteri Susi mengemukakan, bila ada turis yang mampu menyewa kapal untuk menyelam di tengah laut, maka tentu bukanlah hal yang sukar juga untuk mendonasikan sejumlah kaca mata renang bekas.

Dia juga mengungkapkan keinginannya untuk mendirikan semacam balai yang di dalamnya ada televisi sehingga anak-anak di daerah itu juga dapat menonton siaran yang edukatif terkait pengelolaan sumber daya laut.

Menteri Susi juga mengingatkan bahwa Presiden Joko Widodo dalam sejumlah kesempatan juga telah menyatakan bahwa laut merupakan masa depan bangsa Indonesia.[]

KKPKemendikbudPendidikan

 

 

Baca Juga