Minggu, 22 Juli 2018 -

 

 

Rupiah Selasa Pagi Dibuka Menguat 14 Poin

Ekonomi  -  Selasa, 10 April 2018, 10:07 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Teller menunjukkan uang rupiah yang ditransaksikan di kantor pusat BNI, Jakarta, Senin (19/3). Bank Indonesia menyatakan penyaluran kredit perbankan pada Februari 2018 tumbuh delapan persen (tahun ke tahun/yoy), dibandingkan pada Januari 2018 yang me

SOKSINEWS.COM, Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) Selasa (10/4) bergerak menguat.

Mata uang garuda dibuka sebesar 14 poin menjadi Rp13.754 dibanding posisi sebelumnya Rp13.768/USD.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Selasa (10/4) mengatakan nilai tukar rupiah bergerak terapresiasi, kecemasan mengenai perang dagang sedikit mereda sehingga aset mata uang di negara berkembang kembali dilirik.

"Adanya harapan akan adanya titik temu antara AS-Tiongkok untuk mengakhiri potensi terjadinya perang dagang membuat mata uang di negara berkembang, termasuk rupiah kembali terapresiasi," katanya.

Dari dalam negeri, menurut dia, sentimen mengenai perekonomian juga relatif masih kondusif sehingga minat investor terhadap aset berdenominasi rupiah masih baik.

"Pasar obligasi di dalam negeri cenderung membaik seiring dengan penguatan rupiah," katanya.

Kepala Riset Monex investindo Futures Ariston Tjendra menambahkan bahwa data tenaga kerja Amerika Serikat yang dirilis di bawah estimasi pasar turut membuat dolar AS mengalami tekanan.

Selanjutnya, ia mengatakan, pelaku pasar akan mencermati data indeks produsen Amerika Serikat. Jika data itu dirilis optimis, maka dapat memulihkan kekuatan dolar AS.[]
 

RupiahDolar ASUSDReza Priyambada

 

 

Baca Juga