Kamis, 14 November 2019

 

 

Politik

Bamsoet: Sudah Saatnya Pemerintah Wujudkan Indonesia Sebagai Negara Poros Maritim

Ahmad Fiqi Purba
Kamis, 12 April 2018 11:32 WIB

Bamsoet: Sudah Saatnya Pemerintah Wujudkan Indonesia Sebagai Negara Poros Maritim
Ketua DPR Bambang Soesatyo (kiri) bersama Ketua Fraksi PDI Perjuangan Utut Adianto Wahyuwidayat (kanan) menyampaikan keterangan kepada jurnalis terkait jabatan Wakil Ketua DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (19/3). ANTARAFOTO

SOKSINEWS.COM, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menilai sudah saatnya pemerintah membangun pusat-pusat unggulan kelautan agar cita-cita mewujudkan Indonesia sebagai negara poros maritim dunia bisa segera terwujud.

"Cita-cita Presiden Jokowi membangun Indonesia sebagai poros maritim dunia harus kita dukung penuh. Indonesia harus menjadi negara maritim yang maju, kuat, mandiri serta berperan dalam menjaga perdamaian kawasan dan dunia sesuai dengan amanat konstitusi kita," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (12/4).

Hal itu dikatakannya dalam seminar bertajuk "Konsepsi Strategis Pengembangan Potensi Maritim Nasional dalam Mewujudkan Cita-cita Poros Maritim Dunia Menuju 100 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia" di Kompleks Parlemen.

Dia menjelaskan, Indonesia ditakdirkan sebagai bangsa kepulauan atau bangsa maritim karena lebih dari 2/3 wilayah negara Indonesia terdiri dari laut.

Selain itu menurut dia, potensi sumber daya laut Indonesia juga sangat besar, yaitu mencapai Rp17 ribu triliun per-tahun.

"Kekayaan sumber daya laut yang besar itu harus digunakan untuk kesejahteraan dan kemakmuran seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

Bambang yang juga politisi Partai Golkar itu menilai diperlukan terobosan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur, pengembangan sumber daya manusia, serta teknologi di bidang kelautan.

Dia menilai teknologi kemaritiman harus diperkuat, riset, pendidikan dan pengembangan di bidang kelautan harus dikembangkan, serta industri bidang kemaritiman, perkapalan dan pelayaran harus pula dikembangkan secara maksimal.

Bambang memberikan apresiasi besar kepada Presiden Joko Widodo yang menjadikan laut sebagai halaman depan dalam pembangunan nasional.

"Presiden Jokowi mempunyai visi besar di bidang kemaritiman dengan meletakkan dasar-dasar pembangunan kelautan yang kuat, terutama dengan program tol laut," katanya.

Dia menegaskan bahwa DPR akan memberikan dukungan penuh agar pembangunan di bidang kelautan dan kemaritiman dapat terwujud dan komitmen institusinya tersebut tidak perlu diragukan untuk memberikan dukungan penuh mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.[]
 

Berita Lainnya

Relawan BPN dan TKN Manfaatkan Momentum HUT RI 74 Untuk Rekonsiliasi

SOKSINEWS.COM, Peringatan HUT Kemerdekaan ke-74 RI jadi momentum rekonsiliasi relawan 01 (TKN) dan 02 (BPN) di tingkat akar . . .

Politik Minggu, 18 Agustus 2019

Darul Siska Ajak Akbar Tandjung dan Agung Laksono Pikirkan Masa Depan Golkar

SOKINEWS.COM, Politikus Senior Partai Golongan Karya (Golkar) Darul Siska, mengirimkan surat terbuka untuk Wakil Ketua Dewan Kehormatan . . .

Politik Sabtu, 03 Agustus 2019

30 DPD Hadiri Pembukaan Rampimnas II Soksi

SOKSINEWS.COM, Pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI), dihadiri . . .

Politik Minggu, 28 Juli 2019

Akademisi: Visi Indonesia 2024 Harus Dipahami Secara Menyeluruh

SOKSINEWS.COM, Akademisi dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Dr Marianus Kleden mengemukakan, Visi Indonesia . . .

Politik Senin, 22 Juli 2019

KPU Targetkan Santunan 542 Petugas KPPS Meninggal Rampung Tahun Ini

SOKSINEWS.COM, Komisoner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra menyatakan santunan untuk 542 ahli waris petugas Kelompok . . .

Politik Sabtu, 20 Juli 2019