Rabu, 26 September 2018 -

 

 

PUPR: Jalan Alternatif Padang-Padangpariaman Dikerjakan Akhir Tahun Ini

Ekonomi  -  Rabu, 18 April 2018, 14:03 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi: Jalan tol Padang-Bukit Tinggi-Pekanbaru/NET

SOKSINEWS.COM, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sumatera Barat Fathol Bari menyebutkan pembangunan jalan alternatif Padang-Padangpariaman via Kecamatan Ulakan Tapakis selesai dikerjakan akhir 2018.

"Dokumen sudah kita masukkan semua ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) dan sedang diproses. Secepatnya dikerjakan," kata dia di Padang, Rabu (18/4).

Pemprov Sumatera Barat (Sumbar) mengalokasikan anggaran sebesar Rp5,9 miliar untuk pembangunan ruas jalan sepanjang lebih kurang 600 meter tersebut.

Ruas jalan yang hendak dibangun itu merupakan jalan baru untuk mengalihkan pengendara dari jalan lama yang tidak bisa dilewati lagi karena menjadi kawasan kampus Politeknik Pelayaran Sumbar.

Jalan itu baru berupa perkerasan hingga tidak nyaman dilewati, terutama pada musim hujan.

Dikutip dari Antara, satu unit jembatan darurat yang terdapat pada ruas jalan itu juga menyulitkan pengendara karena hanya bisa dilewati satu mobil secara bergantian. Kondisi jembatan juga memprihatinkan dan berpotensi mengakibatkan kecelakaan bagi pengendara yang melewatinya.

Jembatan darurat itu juga dimanfaatkan oknum masyarakat sekitar untuk mengutip sumbangan dari pengendara yang lewat.

Fathol mengatakan saat ini proses lelang di ULP sudah memasuki tahap akhir yaitu penunjukan pemenang. Penandatanganan kontrak dijadwalkan 23 April 2018. Setelah itu pekerjaan akan segera dimulai.

Sementara itu anggota DPRD Sumbar M Nurnas mengatakan jalur itu perannya cukup vital karena menjadi alternatif masyarakat dari Kota Padang menuju Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman dan Pasaman Barat.

Kemudian jalan itu juga menjadi jalur alternatif yang menghubungkan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dengan Kota Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman.

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan apabila pembangunan jalur ini selesai dan dapat difungsikan secara optimal dapat mengurai kemacetan di kawasan Lubuk Alung.

"Masyarakat yang akan menuju Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Pasaman Barat dan Pasaman dapat melalui jalur ini" katanya.[]
 

PUPR Sumatera BaratPembangunan JalanPadangPadangpariaman

 

 

Baca Juga