Senin, 16 Juli 2018 -

 

 

Kemenhub Bangun 100 Kapal Rakyat Disebar ke Seluruh Indonesia

Ekonomi  -  Kamis, 19 April 2018, 11:17 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Menhub saat di Pelabuhan Rembang. (krjogja.com/Imong Dewanto)

SOKSINEWS.COM, Kementerian Perhubungan akan membangun kapal rakyat yang akan disebarkan ke seluruh Indonesia pada tahun ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya di Universitas Cokroaminoto di Makassar, Kamis (19/4), mengatakan 100 kapal tersebut dibangun dengan anggaran Rp300 miliar.

"Kami akan membangun kapal rakyat, sekarang ada 24 kapal dan akan 100 lagi yang akan distribusikan ke seluruh indonesia," katanya.

Untuk di Sulawesi Selatan, dia mengatakan akan dialokasikan sebanyak 10-15 kapal.

Tidak hanya disiapkan unit kapalnya, Budi juga akan memberikan pelatihan dan pendidikan terkait ilmu-ilmu pelayaran kepada pelaut muda di Sulawesi Selatan.

"Oleh karenanya, sore nanti saya akan membuka suatu pelatihan 3.000 anak muda pelaut-pelaut Sulawesi Selatan dididik dan diharapkan bisa menjadi tokoh-tokoh pelaut," katanya, dikutip Antara.

Dia mengatakan universitas-universitas, contohnya Universitas Cokroaminoto, juga bisa bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan untuk mencetak sumber daya manusia yang unggul di bidang kemaritiman.

"Nanti bisa saja Universitas Cokroaminoto kerja sama BPSDM untuk menjangkau sekolah-sekolah untuk menciptakan pertumbuhan yang baik," katanya.

Dia mengatakan daerah-daerah lain yang akan menerima bantuan kapal rakyat, di antaranya Bulukumba, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Dia menjelaskan kapal-kapal pinisi adalah kearifan lokal yang harus dipertahankan, namun dikembangkan.

"Makassar adalah pusat pertumbuhan Indonesia bagian timur, membangun dari pinggiran kekuatan ekonomi dari pinggiran yang selama ini tidak terjamah," katanya.[]
 

KemenhubBudi Karya SumadiKapal Rakyat

 

 

Baca Juga