Selasa, 11 Desember 2018 -

 

 

Presiden Jokowi Targetkan Bandara Jenderal Soedirman Rampung Akhir 2019

Ekonomi  -  Senin, 23 April 2018, 11:25 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Presiden Joko Widodo mengharapkan sekaligus menargetkan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, rampung akhir 2019. (Hanni Sofia)

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo mengharapkan sekaligus menargetkan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah rampung akhir 2019.

"Kita harapkan Bandara ini akan selesai akhir 2019, selesai. Insha Allah selesai," kata Presiden Joko Widodo saat meninjau rencana pengembangan Bandara JB Soedirman Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Senin (23/4).
 
Ia mengatakan sampai saat ini belum ada bandara yang memadai untuk masyarakat di Jawa Tengah bagian selatan dan Jawa Tengah bagian barat.

Oleh sebab itu, sejak kehadirannya di bandara tersebut hari ini maka dimulailah pembangunan Bandara JB Soedirman yang semula bernama Lanud Wiraba di Purbalingga.

"Hari ini sudah dimulai pembangunan Bandara JB Soedirman di Kabupaten Purbalingga seluas 115 hektar," katanya, dikutip Antara.

Mantan Gubernur DKI itu mengharapkan nantinya terminal bandara itu akan bertambah menjadi seluas 3.000 m2 hingga mampu menampung 300.000 penunpang dalam setahun.

"Dan kita harapkan bandara ini bisa memberikan manfaat tidak hanya bagi Purbalingga tapi juga 9 kabupaten/kota lainnya. Berarti Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Banyumas, Pemalang, Tegal, Brebes, Kota Tegal, dan Wonosobo. Semuanya bisa memanfaatkan airport ini," katanya.

Presiden sekaligus ingin agar bandara tersebut mampu memunculkan titik-titik ekonomi baru di wilayah Purbalingga dan sekitarnya.

Terlebih di wilayah tersebut sudah ada investasi-investasi yang semuanya hampir berorientasi ekspor.

"Ada industri bulu mata termasuk terbesar, karena menyangkut lebih dari 60.000 tenaga kerja, besar sekali," katanya.

Keberadaan bandara diharapkan Presiden kemudian akan bisa mengekspansi investasi serupa itu makin membesar.

"Kita harapkan tidak hanya bulu mata saja.

Tapi investasi lainnya juga akan berkembang dengan cepat," katanya.[]

PresidenJoko WidodoBandara Udara Jenderal SoedirmanPurbalinggaJawa Tengah

 

 

Baca Juga