Rabu, 20 Juni 2018 -

 

 

Jelang Ramadhan Harga Ayam Potong di Aceh Merangkak Naik

Ekonomi  -  Kamis, 26 April 2018, 17:11 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi Pedagang Ayam potong. ISTIMEWA

SOKSINEWS.COM, Harga ayam potong dalam dua minggu terakhir menjelang Ramadhan di Kabupaten Aceh Singkil, mengalami kenaikan hingga 26 persen, karena pasokan terbatas, sementara permintaan meningkat.

Salah seorang pedagang, Iskandar kepada wartawan di Singkil, Kamis (26/4) mengatakan, mendekati bulan Ramadhan ini harga ayam seperti emas melonjak tajam dalam dua minggu terakhir ini.

"Ayam potong putih dari Sibolga, Siantar, dan Medan, Sumatera Utara dipasok dengan harga Rp24 ribu yang sebelumnya Rp19 ribu/Kg," ujarnya, dikutip Antara.

Sedangkan harga ayam potong merah dipasok tetap dengan harga stabil Rp48 ribu per ekor.

"Ayam potong warna putih pun selain dijual dengan per kilo juga dijual per ekor, dengan harga Rp60 ribu yang sebelumnya Rp55 ribu/ekor," ungkapnya.

Dalam hal ini, kata Iskandar, Pemerintah jangan tutup mata, karena bila dibiarkan terus menerus pedagang ayam potong akan mengalami kerugian akibat lemahnya daya beli masyarakat.

"Saya sebagai pedagang berharap harga ayam potong tetap stabil, karena bila pasokan ayam potong mahal maka, mau tidak mau pedagang menjual dengan harga yang mahal," ujarnya.

Kemudian ia menerangkan, kenaikan tersebut diduga disebabkan peternak yang seenaknya menaikkan harga, sehingga pedagang di pasaran merasa dirugikan karena indeks harga tidak stabil.

"Pemerintah diharapkan segera melalukan operasi pasar untuk melihat biaya dari upah, pakan, dan faktor lainnya, sehingga nantinya bisa terlihat penyebab dari kenaikan harga daging ayam di pasaran," ujarnya.[]

Ayam PotongAcehRamadhan

 

 

Baca Juga