Senin, 18 Juni 2018 -

 

 

Pemprov Sulut Ajak Wartawan Sajikan Berita Akurat

Nasional  -  Jumat, 27 April 2018, 09:12 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi Pers. ISTIMEWA

SOKSINEWS.COM, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Mecky Onibala mengajak pers menyajikan berita-berita akurat untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.

"Mari bersama-sama kita menangkal berbagai hal negatif, berita palsu atau hoax yang dapat menggiring persepsi masyarakat ke arah yang tidak benar," kata Onibala pada Seminar Revolusi Digital, Hoax dan Kontestasi Politik di Manado, Jumat (7/4).

Jurnalis hendaknya menyajikan berita yang akurat kebenarannya ditulis oleh seorang yang memiliki sertifikasi yang jelas dan kredibilitas.

Ada beberapa azas yang harus dimiliki dalam mewujudkan jurnalistik yang sehat, yaitu demokratis, profesionalitas, moralitas dan supremasi hukum.

Pemprov Sulut, lanjut dia, sangat menyadari pentingnya peran jurnalistik dalam mengimplementasikan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

"Pemerintah senantiasa terus melibatkan insan pers dalam pemberdayaan masyarakat untuk mencapai cita-cita bersama dalam mewujudkan Sulut hebat yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik dan berkepribadian dalam budaya," paparnya, dikutip Antara.

Onibala berharap menghadapi kontestasi politik di daerah, jurnalis tidak menebar berita bohong dan mengandung unsur SARA atau melecehkan kelompok tertentu.

"Jangan memberikan informasi yang dapat memecah-belah persatuan bangsa, namun tetap menabur hal-hal positif yang dapat mempertahankan jati diri masyarakat Sulut yang senantiasa menjaga kondusifitas keamanan dan memelihara harmonisasi kerukunan baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam berdemokrasi," imbuhnya.

Seminar yang dilaksanakan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) tersebut turut dihadiri Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Bambang Waskito, Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI J Robert Giri, Anggota KPU Sulut Vivi George, anggota dewan pers Imam Wahyudi Ketua Umum IJTI Yadi Hendriana dan Ketua IJTI Sulut Amanda Komaling.[]

PemprovSulawesi UtaraKesbangpolWartawan

 

 

Baca Juga