Selasa, 04 Agustus 2020

 

 

Ekonomi

Tax Amnesty Diharapkan Dongkrak Realisasi Pembiayaan UKM

Ahmad Fiqi Purba
Jumat, 27 April 2018 13:03 WIB

Tax Amnesty Diharapkan Dongkrak Realisasi Pembiayaan UKM
Ilustrasi. ISTIMEWA

SOKSINEWS.COM, Perusahaan penyedia jasa keuangan PT Equity Finance Indonesia menyebutkan pengampunan pajak atau "tax amnesty" yang sebelumnya digulirkan pemerintah diharapkan mendongkrak realisasi pembiayaan khususnya sektor usaha kecil menengah (UKM).

"Kuartal keempat (tahun 2017) nasabah sudah mulai ekspansi. Tahun lalu ada amnesti pajak, sudah terbuka semua. Jadi mereka bisa eksplorasi semua, tidak takut lagi," kata Presiden Direktur PT Equity Finance Indonesia Hartono Gandasutedja di Denpasar, Jumat (27/4).

Menurut dia, pelaku usaha yang mulai ekspansi itu pada kuartal pertama tahun ini sudah menunjukkan prospek yang menjanjikkan untuk mendapatkan pembiayaan.

Sehingga pihaknya memasang target realisasi pembiayaan Rp800 miliar atau meningkat 10-15 persen tahun 2018 di sejumlah kota di Tanah Air.

Selama ini porsi realisasi pembiayaan UKM di Indonesia sebagian besar disumbangkan dari kota Surabaya, Denpasar, Semarang dan Bandung.

Untuk merealisasikan target itu, pihaknya menyasar kota-kota kecil di Tanah Air untuk merangkul target pasar yang lebih besar seperti di Kabupaten Gianyar dan Tabanan di Bali.

Di sejumlah daerah, lanjut dia, sektor usaha yang digarap pelaku UKM beragam mulai dari perdagangan kecil hingga sektor pariwisata seperti yang banyak dilakoni masyarakat di Pulau Dewata.

Sementara itu terkait laba, selama tahun 2017 pihaknya mencatat sekitar Rp22,1 miliar namun angka itu masih belum dilakukan audit.

"Pencapaian itu tida sampai lima persen jika dibandingkan tahun lalu," katanya, dikutip Antara.

Sedangkan angka kredit bermasalah atau "non performing financing" (NPF), lanjut Hartono, di perusahaan yang berusia 22 tahun itu masih di bawah dua persen.[]

Berita Lainnya

Bandara Semarang Layani Penerbangan Terbatas Saat Pandemi COVID-19

SOKSINEWS.COM, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Kota Semarang, Jawa Tengah, mulai melayani penerbangan sejumlah maskapai . . .

Ekonomi Sabtu, 09 Mei 2020

Kemenkeu Ungkap Ruangguru Paling Banyak Dipilih Peserta Prakerja

SOKSINEWS.COM, Kementerian Keuangan mengungkap mitra Kartu Prakerja yakni Ruangguru menjadi kanal digital yang paling banyak dipilih . . .

Ekonomi Jumat, 08 Mei 2020

Sri Mulyani : Percepatan Bansos Tahan Penurunan Konsumsi Di Kuartal II

SOKSINEWS.COM, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan keputusan pemerintah untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial . . .

Ekonomi Jumat, 08 Mei 2020

Industri masih jadi penyumbang tertinggi pertumbuhan ekonomi kuartal I

SOKSINEWS.COM, Sektor industri masih memberikan kontribusi paling besar terhadap struktur produk domestik bruto (PDB) nasional . . .

Ekonomi Rabu, 06 Mei 2020

Kementan sebut bawang merah segera panen raya

SOKSINEWS.COM, Kementerian Pertanian menyatakan bahwa komoditas bawang merah yang kini harganya masih terpantau tinggi, akan segera . . .

Ekonomi Senin, 04 Mei 2020