Senin, 20 Agustus 2018 -

 

 

HNSI Sumatera Utara Minta Nelayan Nias Utara Rawat Rumah Bantuan

Nasional  -  Jumat, 04 Mei 2018, 09:08 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi Rumah Nelayan. Foto: Waspada Online

SOKSINEWS.COM, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumatera Utara minta Nelayan Tradisional di Kabupaten Nias Utara agar tetap merawat dengan baik puluhan rumah bantuan yang telah diberikan Pemerintah.

"Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian yang cukup tinggi kepada nelayan kecil yang ada di Desa Muzoi, Kecamatan Lahewa Timur, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara," kata Wakil Ketua DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumut, Nazli, di Medan, Jumat (4/5).

Perhatian pemerintah terhadap nelayan tersebut, menurut dia, harus diapresiasi dan jangan sampai dilupakan, serta perlu disyukuri.

"Karena tanpa bantuan pemerintah tersebut, tentunya hingga sekarang nelayan itu belum memiliki rumah yang layak dihuni," ujar Nazli.

Ia menyebutkan, pembangunan rumah nelayan yang ada daerah terpencil itu, dapat lebih ditingkat lagi jumlahnya hingga mencapai ratusan unit.

Selain, pembangunan rumah untuk nelayan tradisional juga diharapkan peningkatan sarana jalan dan adanya penerangan listrik, sehingga roda perekomian di daerah itu, semakin lebih berkembang, serta lancar.

"Hal itu, merupakan harapan bagi nelayan dan dapat segera terealisasi oleh pemerintah," ucapnya, dikutip Antara.

Nazli juga berharap kepada pemerintah agar mendirikan tempat pelelangan ikan (TPI) sehingga nelayan tersebut dapat dengan memudah menjual hasil tangkapan nelayan mereka kepada pedagang.

Kemudian, pemerintah membangun gedung sekolah untuk pendidikan anak-anak nelayan yang ada di daerah itu, dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM), agar mareka menjadi manusia yang berkualitas.

"Jadi, anak-anak nelayan tersebut, diharapkan tidak harus mengikuti jejak orang tua mereka. Namun juga memiliki cita-cita jadi orang yang sukses seperti, guru, PNS, TNI, Polisi, pengusaha dan profesi lainnya," ujar Wakil Ketua HNSI Sumut itu.

Sebelumnya, Dinas Provinsi Kelautan dan Perikanan/Satker SNVT Sumut menyerahkan 50 unit rumah kepada nelayan di Desa Muzoi, Kecamatan Lahewa Timur, Kabupaten Nias Utara.

Kasatker SNVT Provinsi Sumut Saiful mengatakan, 50 unit rumah yang telah dibangun di Dusun Turezouileho benar-benar dapat dimanfaatkan dan dirawat oleh masyarakat nelayan.

"Program pembangunan rumah untuk nelayan ini merupakan pendorong dari pemerintah pusat, dalam meningkatkan perekonomian mereka agar dapat hidup sejahtera," katanya, dikutip Antara.

Bupati Nias Utara, M Ingati Nazara meminta kepada nelayan agar merawat rumah bantuan pemerintah yang bersumber dari dana APBN tersebut.[]

HNSISumatera UtaraRumah NelayanNias Utara

 

 

Baca Juga